Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nusantara - 19/08/2012 10:14 WIB

Jalan Lintas Timur Sumatera Lengang pada Lebaran

Bandarlampung, (Antara Sumbar) - Jalan lintas timur Sumatera ruas Rajabasa-Panjang Bandarlampung yang biasanya macet setiap hari, pada hari pertama Idul Fitri 1433 Hijriyah terlihat lengang sehingga kendaraan bisa melaju lancar.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalan lintas timur (Jalinsum) pada Minggu atau hari pertama Lebaran 2012, volume kendaraan yang melintas jauh lebih sedikit dibandingkan hari-hari biasa.

Namun, masih ada satu dua kendaraan pemudik yang melintasi jalan nasional itu.

Kendaraan yang melintas kebanyakan kendaraan roda dua. Bus kota antarprovinsi juga ada satu dua melintas menuju Pelabuhan Bakauheni, sedang truk barang nyaris tidak ada yang melintas pada Minggu pagi.

Karena volume kendaraan yang melintas hanya sedikit, kondisi Jalinsum kini hanya berdebu tipis. Tidak ada lagi kendaraan yang melintasi jalan tanah urukan yang belum beraspal, karena arus lalu lintas lancar di jalur utama.

Jalinsum ruas Rajabasa -Panjang Bandarlampung-Bakauheni adalah jalur utama transportasi darat dari Sumetera ke Jawa atau sebaliknya. Hampir semua kendaraan dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya, selalu mengambil lintas tengah itu sebagai rute perjalanannya karena lebih aman dan jarak tempuhnya lebih pendek dibandingkan lintas timur Sumatera.

Namun, kondisi Jalinsum ruas Rajabasa-Panjang masih rusak parah, dan selalu berdebu tebal setiap harinya. Banyak jalan berlubang dan bergelombang di jalan negara itu.

Sementara itu, arus balik pemudik melalui Jalinsum ruas Rajabasa -Panjang Bandarlampung-Bakauheni Lampung Selatan itu diperkirakan ramai mulai Selasa atau sehari setelah Lebaran 2012.

Banyak pemudik yang akan memilih pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan panjang di Pelabuhan Bakauheni.

Lonjakan arus balik pemudik diperkirakan berlangsung mulai Kamis hingga Minggu atau H+3 sampai H+6 di Pelabuhan Bakauheni.

Jumlah pemudik sejak H-7 hingga H-2 Lebaran 1433 Hijriah yang tiba di Pelabuhan Bakauheni Lampung dari Pelabuhan Merak, Banten, telah mencapai 446 ribu orang. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 09:38 WIB WIB

Pemudik Sepeda Motor Menumpuk di Pelabuhan Merak..


Nusantara - Hari ini, jam 09:03 WIB WIB

Harga Karet di Sumsel Kembali Turun Jadi..