Pelajar Indonesia Promosi Kuliner di Istanbul

id PPI, Istanbul, Promosi, Kuliner

London, (Antara) - Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Istanbul di Turki dalam Program Endonezya Yemek Gn (Hari Makanan Indonesia) berupaya mempromosikan kuliner Indonesia di Negeri Seribu Menara ini.

Promosi kuliner Indonesia disponsori Warung Nusantara yang berada di Merkez Efendi Istanbul yang merupakan satu-satunya rumah makan Indonesia di Turki, demikian JM Vivi Violina, dari Departemen Senbud dan Olahraga PPI Istanbul kepada Antara London, Sabtu.

Dia mengatakan, acara promosi kuliner Indonesia itu mendapat sambutan tidak saja dari masyarakat Turki, tetapi juga berhasil menarik perhatian wisatawan asing yang berkunjung ke Istanbul yang ingin mencicipi kuliner Indonesia.

Menurut mahasiswa Marmara University Istanbul itu, sebagai duta bangsa negara Indonesia di luar negeri para pelajar Indonesia berupaya memperkenalan Indonesia di Istanbul Turki.

Promosi kuliner tersebut, menyusul keberhasilan acara sebelumnya yaitu Endonezya Tantm Gn (Hari Perkenalan Indonesia) di Kocaeli beberapa waktu lalu.

Promosi kuliner yang dikoordinasikan Departemen Senbud dan Olahraga PPI Istanbul periode 2014--2015 diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan budaya dan makanan Indonesia ke kancah dunia.

Berbagai kuliner Indonesia, seperti soto ayam, nasi, dan bakwan disajikan bagi tiga puluh pendaftar pertama, serta sisanya membayar seharga 10 YTL (lira Turki baru).

Awalnya, panitia cukup was-was berhubung citarasa Indonesia sangat berbeda dengan makanan yang biasa disantap.

Namun, peserta yang hadir mengaku puas dan suka kepada makanan yang disajikan.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut berjalan lancar dan sukses.

PPI Istanbul menyampaikan penghargaam kepada pihak Warung Nusantara yang menjadi sponsor utama hingga acara tersebut berjalan dengan sangat baik.

PPI Istanbul berharap akan lebih banyak lagi peserta yang akan menghadiri acara-acara yang berhubungan dengan budaya Indonesia dengan harapan akan semakin banyak negara yang mengenal Indonesia, demikian JM Vivi Violina.

Selain mengadakan promosi kuliner, PPI Istanbul membuka wadah untuk mahasiswi dalam berkarya melalui Departemen Keputrian PPI Istanbul, untuk menyatukan pikiran bagi sesuatu yang lebih baik dan kreatif.

Departemen Keputrian berkerjasama dengan Pengajian Putri Istanbul mengadakan acara piknik bersama mahasiswi Istanbul di Emirgan Park, taman nasional yang menjadi salah satu tempat diadakan Festival Tulip setiap tahun.

Acara yang digelar kelompok Pengajian Putri Istanbul sebagai khataman pertama selama satu bulan sejak dibentuk grup pengajian, untuk mengajak seluruh mahasiswi bersilaturahmi diawali dengan pembukaan dan makan bersama, setiap orang wajib membawa makanan dilanjutkan dengan bermain games serta bertukar kado. (*)