Sulistyo: Pengurus PGRI harus Profesional

id Ketua Umum, PGRI, Sulistyo, Profesional

Jakarta, (Antara) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo mengatakan guru, kepala sekolah dan pengawas yang memperoleh amanah sebagai pengurus PGRI harus bekerja profesional dan menjadi contoh.

"Agar bisa berjalan baik, maka guru, kepala sekolah, dan pengawas harus bekerja sama sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing," kata Sulistyo melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu.

Tak hanya kepada pengurus PGRI, Sulistyo juga meminta kepada seluruh guru untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam penyelengaraan ujian nasional (UN). Guru dan sekolah harus menjaga agar UN berjalan jujur, sportif, aman, dan lancar.

Sebagai pengurus dan anggota organisasi profesi guru, mereka harus bekerja profesional. Jangan malah mengganggu dan menggerogori kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan UN.

"Kita buktikan saat ini kelulusan diserahkan kepada guru dan sekolah, maka semua ujian harus berjalan dengan baik," tuturnya.

Kepada masyarakat, khususnya peserta UN dan orang tua, Sulistyo meminta untuk melaporkan berbagai kecurangan dan persoalan yang ditemui dalam pelaksanaan UN pada posko PGRI.

"PB PGRI sudah mengirim surat ke seluruh jajaran pengurus PGRI agar melakukan pengawasan dan membuka posko pengaduan UN," jelasnya.

Menurut Sulistyo, laporan pengaduan tersebut akan menjadi bahan kajian dalam mencari formulasi terbaik pada pelaksanaan UN yang akan datang.

"Namun, jangan sampai menimbulkan kegaduhan dan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap warga sekolah," ujarnya. (*)