Aparat Perketat Pengamanan JCC Senayan Jelang KAA

id KAA 2015

Jakarta, (Antara) - Aparat keamanan memperketat pengamanan di sekitar Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu menjelang Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada 19-23 April 2015.

Berdasarkan pantauan Antara, pintu masuk JCC dijaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berpakaian safari dan hanya para pemilik kartu identitas resmi KAA yang diperkenankan masuk.

Semua barang bawaan pengunjung akan dipindai oleh Paspampres, yang beberapa anggotanya juga melakukan patroli di dalam gedung JCC.

Penjagaan sudah terlihat ketat sejak masuk kawasan Gelora Bung Karno, Senayan.

Pasukan gabungan TNI dan Polri sudah melakukan penjagaan dari pintu masuk dan sepanjang jalan menuju JCC.

Para personel tersebut, beberapa berdiri di antara umbul-umbul putih yang dibuat untuk memeriahkan KAA dan menyambut tamu negara, memantau pergerakan pengunjung dan kendaraan yang hilir-mudik di wilayah tersebut.

Sementara, puluhan tenda berwarna putih milik personel TNI maupun polisi juga terlihat memadati lahan parkir di depan JCC.

Selain untuk tempat istirahat personel, tenda-tenda itu juga digunakan untuk sebagai posko kesehatan, pengumpulan logistik, dan tempat beribadah.

Beberapa mobil yang dipersiapkan untuk membawa delegasi dan para tamu negara sudah diparkir rapi di sekitar JCC, seperti mobil untuk delegasi Singapura, Korea Utara, dan Bangladesh.

Mobil-mobil itu berbaris rapi bersama ratusan kendaraan dinas milik kepolisian dan TNI.

KAA ke-60 ini akan berlangsung dari 19 hingga 23 April 2015 di Jakarta dan 24 April di Bandung.

Pada 19 April akan diadakan pertemuan pejabat tingkat ("Senior Official Meeting") kawasan Asia-Afrika.

Kemudian, pada 20 April akan ada pertemuan tingkat menteri, sementara pada 21 April, akan diselenggarakan Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika ("Asia-Africa Business Summit").

Pelaksanaan KTT hari pertama dan kedua berlangsung pada 22 April-23 April 2015.

Setelah itu direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Presiden Joko Widodo untuk para kepala negara dan kepala pemerintahan.

Pada 24 April, seluruh kepala negara/pemerintahan beserta delegasi yang berpartisipasi akan menghadiri acara peringatan KAA di Bandung. (*/sun)