Polres Agam Beri Helm Standar Tukang Ojek

id Polres Agam, Bantu, Helm Standar, Tukang Ojek

Lubuk Basung, (Antara) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan sosialisasi pengunaan helm standar kepada tukang ojek di Lubuk Basung, Sabtu.

Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono, melalui Kasat Lantas AKP Arnanda Putra di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan sosialisasi yang dilakukan berupa penyerahan helm standar kepada tukang ojek yang tidak memiliki helm standar.

Helm tersebut, katanya, langsung dipasangkan dengan cara yang baik kepada tukang ojek.

"Kami berharap tukang ojek lainnya juga mengunakan helm standar dan memasang tali, karena dapat melindungi apabila terjadi kecelakaan," katanya.

Selain melakukan sosialisasi kepada tukang ojek, Satlantas Polres Agam juga memberikan sosialisasi tertib berlalulintas di jalan raya kepada siswa.

Kemudian melakukan penertiban mobil minibus yang membawa penumpang secara berlebihan.

Ia menambahkan, sosialisasi ini merupakan rangkaian Operasi Simpatik yang dilakukan Polres Agam pada 1 sampai 21 April 2015.

"Kami menginginkan Lubukbasung tertib berlalulintas di jalan raya, sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan" katanya.

Ia mengatakan, Januari sampai pertengahan Maret 2015 ini jumlah kasus kecelakaan di wilayah Polres Agam meliputi Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Matur, Palembayan dan Ampek Nagari sebanyak 25 kasus dan dua orang meninggal dunia.

Pada 2014, jumlah kasus kecelakaan sebanyak 157 kasus, meninggal dunia sebanyak 23 orang, luka berat sebanyak 27 orang, luka ringan sebanyak 241 orang dan kerugian material sekitar Rp263.100.000.

Sementara pada 2013 sebanyak 155 kasus kecelakaan lalulintas, meninggal dunia sebanyak 26 orang, luka berat sebanyak 19 orang dan luka ringan sebanyak 238 orang.

"Kasus kecelakaan di Agam sudah berkurang," katanya. (*)