Pesisir Selatan Gelar Kejuaraan Nasional BMX

id Pesisir Selatan, Kejurnas, BMX, Festival, Lengkisau, 2015

Painan, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar kejuaraan nasional BMX dalam rangkaian kegiatan "Festival Langkisau 2015" yang berlangsung hingga 21 April 2015.

Kepala Bidang Olaharaga, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Nasral di Painan, Minggu, mengatakan di kabupaten itu kejuaraan BMX seri III atau BMX Lokal Heroes Road To Ioxc 2015 akan berlangsung selama dua hari mulai Minggu (19/4).

"Meski baru yang pertama kali Pesisir Selatan mengadakan kejuaran BMX ini, namun ke depan diharapkan dapat berlanjut pada even berikutnya. Kita sengaja mengadakan kejuaraan ini dalam rangkaian "Festival Langkisau 2015" agar lebih semarak lagi," katanya.

Selain itu event (kejuaraan) itu sekaligus jadi ajang memancing generasi muda di kabupaten itu untuk menuangkan bakatnya menjadi pebalap sepeda tersebut.

Ia berharap dengan kejuaraan itu ke depan akan lahir bibit-bibit BMX baru dari kabupaten itu dan dapat mendorong semangatnya untuk berprestasi di olahraga ekstrem tersebut.

Pada pembukaan kejuaraan BMX yang dilakukan oleh Bupati Nasrul Abit di Pelataran parkir Objek Wisata Pantai Carocok Painan pada Minggu itu dihadiri oleh sejumlah pengurus pusat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi).

"Kami berharap kejuaraan BMX ini tidak hanya berhenti sampai pada "Festival Langkisau 2015" saja, namun dapat terlaksana pada even-even lainnya dan kegiatan Festival Langkisau berikutnya di kabupaten ini, " katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti itu dirasa sangat perlu guna menjembatani para pemuda dan remaja untuk menyalurkan bakat dan nerginya ke hal-hal yang positif.

Sementara Panitia Pelaksana BMX Lokal Heroes Road To Ioxc 2015 seri 3 Painan, Suhendra Jufridal mengatakan, atlit terbaik pada kejuaraan BMX atau BMX Lokal Heroes Road To IOXC 2015 seri 3 Painan akan diikutkan untuk melanjutkan even yang sama pada seri berikutnya di Bukittinggi.

"Ini merupakan seri ke tiga untuk kejuaraan BMX di Sumatera. Kejuaraan ini akan berlangsung hingga seri ke lima yang akan berlangsung di Pekanbaru, Riau, " katanya.

Pada seri tiga yang berlangsung di pelataran parkir Objek Wisata Pantai Carocok Painan itu akan turun bertanding sebanyak 34 atlit BMX dari tujuh provinsi di Sumatera yakni Sumbar, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Lampung. (*)