Pengunjung Pantai Carocok Membludak pada Festival Langkisau

id Pantai, Carocok, Pesisir Selatan, Pengunjung, Festival, Langkisau

 Pengunjung Pantai Carocok Membludak pada Festival Langkisau

Pantai Carocok Painan.

Painan, (Antara) - Pengunjung objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), membludak selama pagelaran "Festival Langkisau 2015" yang berlangsung sejak 15 April 2015.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Senin, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun nasional ke Objek Wisata Pantai Carocok dan Puncak Langkisau Painan mencapai 125 ribu

"Kita memprediksi jumlah rata-rata pengunjung ke dua objek Wisata di Painan ini adalah sebanyak 135 orang selama "Festival Lagkisai 2015" katanya.

Pengunjung mulai memadati Pantai Carocok dan Puncak Bukit Langkisau pada Sore hingga malam hari. Sedangkan pengunjung terbanyak terjadi pada hari pertama atau Pembukaan "Festival Langkisau 2015" (Rabu, 15/4) dan Sabtu - Minggu (18-19/4).

Pada hari-hari tersebut antrean panjang kendaraan tidak lagi terbendung di sepanjang arus jalan menuju dan dari kawasan Pantai Carocok Painan hingga jalan raya lintas barat Sumatera di Kota Painan.

"Hari pertama itu mayoritas pengunjung lokal atau dalam Pesisir Selatan yang datang dari berbagai kecamatan di kabupaten itu. Sementara pengunjung dari daerah lain mulai berdatangan pada hari ke- dua, " katanya.

Mengingat padatnya pengunjung pada hari-hari tersebut, maka seluruh petugas seperti kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang bertugas di lokasi Pantai Carocok Painan harus melakukan pengaturan arus kendaraan dengan cara satu arah.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Harmaini mengatakan, "Festival Langkisau" merupakan kegiatan rutin pemkab setempat setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

Tidak saja itu, Festival Langkisau juga sebagai wadah untuk memperkenalkan produk andalan kabupaten setempat kepada wisatawan nusantara, bahkan mancangera, karena pada kegiatan tersebut pemkab menggelar berbagai kegitan pariwisata, olahraga, seni dan budaya.

Berbagai kegiatan itu dipadukan menjadi satu hingga menjadi pegelaran nasional. Untuk olah raga akan digelar lomba renang di laut lepas, selaju sampan (lomba perahu dayung), voli pantai dan sebagainya.

Sedangkan seni budaya akan digelar lomba randai, debus dan pagelaran rabab pasisie. Untuk meramaikan lokasi, panitia juga menyediakan tenda-tenda kecil bagi pedagang kecil untuk menjual berbagai makanan atau kuliner dan produk unggulan lainnya. (*)