KOI Harap PSSI Dapat Instropeksi

id PSSI

Jakarta, (Antara) - Ketua Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo berharap PSSI sebaiknya instropeksi terkait dengan pembekuan yang dilakukan Kemenpora terhadap PSSI.

"Mereka seharusnya instropeksi, apa yang dinginkan pemerintah sampai ada surat seperti itu, kemudian harus berdialog juga dengan FIFA kenapa situasinya seperti ini, agar jangan ada masalah-masalah yang nanti bisa merugikan para pemain dan persepakbolaan di Tanah Air," kata Rita di Jakarta, Selasa.

Menurut Rita, pemerintah dalam hal ini Kemenpora mencoba membantu PSSI dengan adanya persyaratan-persyaratan yang diajukan, sehingga nantinya kompetisi berjalan dengan baik dan bersih.

"Oleh karena itu, seharusnya dilakukan dialog dengan pemerintah untuk memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut dan yang terpenting harus diselamatkan keutuhan ini, jangan sampai nanti terpecah-pecah kembali," ucapnya.

Selain itu, Rita Subowo juga menyatakan pihaknya belum menerima surat keputusan dari Kemenpora terkait penyerahan persiapan Timnas U-23 menjelang bertanding di SEA Games 2015 Singapura.

"Kami malah baru mendengar dari media dan kami belum menerima suratnya, kepada KONI memang ada tetapi kepada KOI tidak ada tembusan keputusan, jadi kami juga minta kemana-mana keputusan dari Menteri tersebut," tutur Rita.

Menurut dia, apa pun bentuk dari surat keputusan tersebut, pihaknya akan membantu pemerintah untuk menyelasaikan masalah yang ada.

"Itu sudah pasti karena kami kan juga mendukung kebijakan pemerintah, tetapi kita juga tidak ingin bahwa olahraga di Tanah Air juga mendapatkan masalah," tukasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membekukan PSSI, saat induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut sedang melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya, Sabtu (18/4).

Berdasarkan surat dengan Nomor 01307 tahun 2015 yang ditandatangani langsung oleh Menpora Imam Nahrawi per tanggal 17 April, ada beberapa poin yang menyangkut dengan pembekuan, di antaranya adalah pemerintah tidak mengakui seluruh kegiatan yang dilakukan oleh PSSI.

Untuk Tim Nasional yang akan menghadapi SEA Games 2015 akan tetap berjalan dalam hal ini pemerintah bersama KONI dan KOI sepakat bahwa KONI dan KOI bersama Program Indonesia Emas (Prima) akan menjalankan persiapan Tim Nasional.

Sementara seluruh pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2015, Divisi Utama, Divisi I, II, dan III tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan supervisi KONI dan KOI bersama Asprov PSSI dan Klub setempat. (*)