Khairunas Mendaftar sebagai Cabup ke PAN

id Solok Selatan, Khairunas, PAN, Calon Bupati

Padang Aro, (Antara) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menerima formulir pendaftaran ketua DPD Golkar, Khairunas, sebagai calon bupati.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PAN Solok Selatan, Edi Murni di Padang Aro, Selasa, mengatakan Khairunas mengambil formulir pendaftaran ke DPD PAN pada Rabu (25/3) dan ketua DPD Golkar tersebut baru mengembalikannya pada Senin (20/4) pukul 16.00 WIB.

Ia menjelaskan, Khairunas mengambil formulir pendaftaran ke PAN pada saat pendaftaran sudah ditutup sehingga ia tidak mengembalikannya.

DPD PAN sebelumnya sudah membuka pendaftaran calon kepala daerah yang ditutup pada Jumat (13/3) sedangkan Khairunas mengambil formulir pada Rabu (25/3).

Pada Pendaftaran yang ditutup 13 Maret tersebut PAN menerima tiga orang tokoh yang mendaftar yang terdiri dari satu calon bupati dan dua sebagai wakil.

Untuk calon bupati yang mendaftar yaitu Muzni Zakaria dari Gerindra dan saat ini juga menjabat sebagai bupati setempat.

Sedangkan untuk wakilnya, kata dia, keduanya berasal dari kader PAN yaitu Abdul Rahman yang sekarang masih sebagai wakil bupati dan Edi Susanto yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD.

Ia menyebutkan, pihak DPP PAN kembali menginstruksikan penyaringan kembali terhadap masyarakat Solok Selatan yang potensial. Akan tetapi, imbuhnya, PAN Solok Selatan belum menerima surat resmi dari DPW maupun DPD dan baru mengetahuinya lewat media.

"Kami masih menunggu surat resmi dari DPP maupun DPW untuk pembukaan kembali pendaftaran calon kepala daerah," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya tetap akan menerima formulir pendaftaran Khairunas dan akan menyampaikannya ke DPP untuk dievaluasi.

Sedangkan pembukaan kembali pendaftaran calon kepala daerah, jelasnya, untuk memberikan kesempatan bagi putra-putri Solok Selatan yang potensial.

Ia menambahkan, PAN sendiri akan mengutamakan kader yang potensial untuk di usung sebagai calon kepala daerah.

Ketua DPD Golkar Khairunas saat dihubungi mengatakan, pihaknya memang mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PAN pada Senin (20/4).

"Formulir pendaftaran tersebut dikembalikan oleh ketua fraksi Golkar Sidik Ilyas pada Senin," kata dia. (*)