Harga TBS Pasaman Barat Turun Rp400 Per Kilogram

id Pasaman Barat, TBS, kelapa Sawit, Harga, Turun

Harga TBS Pasaman Barat Turun Rp400 Per Kilogram

Kelapa sawit. (Antara)

Simpang Ampek, (Antara) - Harga tandan buah segar kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), kembali turun dari Rp1.400 menjadi Rp1.000 per kilogram.

"Benar, harga TBS kelapa sawit kembali turun. Kita tidak mengetahui penyebabnya dan membuat petani kembali mengeluh," kata seorang petani kelapa sawit di Kinali, Tono, Selasa.

Ia mengatakan dengan harga tersebut tentu saja para petani kelapa sawit sangat tertekan dan bisa merugi. Sementara semua kebutuhan pokok terus meningkat akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kami berharap harga kembali normal dan tidak ada permainan dari perusahaan atau pabrik kelapa sawit yang ada," harapnya.

Sementara itu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Peduli Insan Nagari Pasaman Barat menilai pemerintah dan aparat terkait dibuat tidak berkutik oleh para perusahaan yang ada.

"Begitu berkuasanya pengusaha sehingga pemerintah daerah tidak bisa berbuat apa-apa,"kata Ketua LSM Forum Peduli Insan Nagari Barat, Jasmir Sikumbang, Selasa.

Ia sangat heran kenapa petani yang terus menjadi sasaran dari kebijakan harga ini. Pihak perusahaan seenaknya saja mempermainkan harga.

"Padahal dalam UU Penanaman Modal Nomor 25 tahun 2007 pada pasal 16 huruf e dinyatakan bahwa setiap penanaman modal asing harus patuh dan tunduk terhadap undang undang dan ketentuan yang berlaku di Indonesia," ujarnya.

Ia menduga harga sawit ini dipermainkan oleh pihak perusahaan kelapa sawit setempat.

Padahal harga kesepakatan pemerintah dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit harganya Rp1.796,83 per kilogram oada tanggal 15 April 2015.

Tetapi harga di Pabrik Pengolah Kelapa Sawit (PPKS) hanya berkisar Rp1.220 sampai Rp1.300 per kilogram. Akibatnya, harga di tingkat petani menjadi turun berkisar dari Rp1.000 sampai Rp1.200 per kilogram. (*)