Hanura: Belum Ada Kandidat Utama Calon Bupati Tanah Datar

id DPD Hanura, Sumatera Barat, Pilkada, Tanah Datar

Padang, (Antara) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sumatera Barat (Sumbar), Marlis mengatakan, pihaknya belum menentukan kandidat utama yang bakal maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Tanah Datar. "Kami masih belum menentukan kandidat utama pada pilkada mendatang. Seperti yang diketahui sebelumnya ada pertemuan Erdison Masur - Paze Andrif ke DPD Partai Hanura, tapi itu hanya sebatas silaturahim, dan sekaligus mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah," katanya di Padang, Selasa.

Menyangkut pemberitaan yang menyebutkan Partai Hanura telah mengusung dua nama tersebut menjadi calon kandidat utama pada pilkada mendatang, ia menyebutkan, hingga kini pihaknya baru menetapkan empat bakal calon bupati yang mendaftar ke Partai Hanura, yakni Arkadius, Irdinansyah Tarmizi, Edi Arman, dan Erdison Mansur.

Sementara untuk yang maju dan ditetapkan sebagai kandidat utama, katanya, masih belum diputuskan karena bukan kewenangan dan hak dari DPD Hanura.

Ia mengatakan, pihaknya hanya merekomendasikan calon kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP). "Semuanya akan diberikan kembali kepada hasil survei partai, dan untuk keputusan akhir pemilihan berada pada keputusan DPP Hanura," katanya.

"Jadi secara tegas, belum ada dukungan, belum ada kandidat utama di partai Hanura. Hal ini sudah sangat merugikan partai," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dari empat bakal calon yang sudah mendaftar ke Hanura tersebut akan dilakukan pemilihan hingga terpilih dua calon yang bakal direkomendasikan ke pihak DPP.

Setelah itu, imbuhnya, diadakan evaluasi, survei dan kajian lanjut untuk mendapatkan kandidat yang maju pada pilkada mendatang.

Untuk bakal wakil bupati Tanah Datar, Marlis mengatakan, bahwa partainya belum melakukan pembicaraan dengan pihak terkait. Pertemuan tersebut hanya mengatasnamakan silaturahim dengan bakal calon bupati. (*)