Sembilan Bakal Calon Gubernur Mendaftar ke Demokrat

id Demokrat, Sumatera Barat, Mendaftar, calon, Gubernur

Sembilan Bakal Calon Gubernur Mendaftar ke Demokrat

Partai Demokrat. (Antara)

Padang, (Antara) - Sebanyak sembilan bakal calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) telah mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat provinsi itu.

"Penjaringan terhadap empat kader dan lima orang dari luar Partai Demokrat ini dimulai dari penerimaan pendaftaran, proses verifikasi administrasi dan faktual terhadap bakal calon gubernur tersebut," kata Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumbar, Sabar di Padang, Selasa.

Kesembilan bakal calon tersebut yang masuk dalam kader Demokrat yakni Josrizal Zain, Mulyadi, Yultekhnil, dan Yogan Askan. Sementara untuk lima nama dari luar Partai Demokrat diantaranya Muslim Kasim, Shadiq Pasadigue, dan Syamsul Rahim.

Ia mengatakan, proses penjaringan tersebut akan berakhir hingga 30 April mendatang. Setelah itu, dilanjutkan dengan penilaian berupa survei untuk mengetahui popularitas, dan elektabilitas dari calon tersebut.

"Sebagai bagian dari proses penjaringan, DPD Partai Demokrat juga melakukan uji kompetensi dan fit propert test. Setelah itu baru akan disampaikan ke pusat, nama-nama yang menjadi dua atau tiga besar dalam penjaringan tersebut," jelasnya.

Ia mengatakan, pada proses rekomendasi ke DPP akan dilaksanakan 1 - 19 Juni 2015. Setelah itu DPP Demokrat yang menentukan siapa bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar yang akan diusung Partai Demokrat pada Pilkada 2015 ini.

"Dengan mekanisme penjaringan yang dilakukan saat ini, tentunya akan menunjukan transparansi dan objektifitas dari penilaian yang dilakukan terhadap calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat," ujarnya.

Ia melanjutkan, pada Pilkada 2015 ini Demokrat ingin menang. Untuk itu yang akan diusung adalah yang benar-benar berpeluang untuk memenangkan pemilihan yang dilakukan pada Desember mendatang tersebut.

"Demokrat ingin menang dan harus menang, maka yang diusung adalah calon yang benar-benar berpeluang. Apakah itu dari internal atau ekternal partai Demokrat, tergantung dari proses penjaringan dan ketetapan DPP Demokrat," terangnya.

Untuk koalisi pada Pilgub mendatang, ia mengatakan potensi koalisi terbuka bagi semua parpol, baik itu PKS, Hanura, Golkar, PAN dan partai lainnya.

"Demokrat itu moderat, artinya berada di tengah. Bisa saja ke KIH ataupun KMP. Itu tergantung dengan situasi politik lokal nantinya. Tujuan kami yaitu bagaimana memenangkan pilkada 2015 ini dengan komitmen untuk membangun Sumbar," ujarnya. (*)