DPRD Sumbar Minta Bukti Pertumbuhan Ekonomi

id DPRD, Sumatera Barat, Pertumbuhan, Ekonomi

Padang, (Antara) - DPRD Sumatera Barat meminta bukti kinerja pada pertumbuhan ekonomi selama lima tahun ke Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait, hal ini berhubungan dengan penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) gubernur.

"Sektor produksi pada Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kehutanan merupakan sektor yang penting dalam meningkatkan ekonomi Sumbar, maka dari itu kami meminta secara jelas bukti dalam menjalankan program pada masa jabatan 2010-2015," kata Ketua Komisi II Bidang Ekonomi, Sabar di Padang, Selasa.

Tidak hanya bukti, imbuhnya, pihaknya akan mengadakan evaluasi dan pengawasan terhadap program yang telah dikerjakan selama lima tahun silam.

"Bukan hanya berfokus pada cara memperbanyak produksi dan memperdayakan masyarakat dengan program itu, namun di sini kami ingin tindak lanjut kedepan. Pemeliharaan dan perkembangan nantinya seperti apa? Maka dari itu kami akan lakukan pengawasan dan evaluasi terhadap program tersebut," ujarnya.

Disamping itu, lanjutnya, industri olahan juga diperlukan karena dapat meningkatkan nilai tambah produk dan perlu didorong dengan adanya anggaran yang jelas.

"Selagi kegiatan dan program itu jelas dan membawa hasil, kami akan memberikan anggaran untuk mendorong agar program itu lebih maju lagi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Apris mengatakan pentingnya data pencapaian target kinerja selama lima tahun akan lebih nyata dengan diadakan pengecekan langsung ke lapangan.

"Bila perlu kami akan kunjungi ke beberapa tempat yang dikatakan berhasil dalam menjalakan program tersebut, tidak terkecuali pada program unggulan yakni satu sapi satu petani oleh Dinas Peternakan," katanya. (*)