Calon Mahasiswa IAIN Banyak Minati Manajemen Perbankan Syariah

id Padang, IAIN, Manajemen Perbankan Syariah

Padang, (Antara) - Calon mahasisiwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri banyak berminat masuk Jurusan Manajemen Perbankan Syariah.

Kepala Bagian Akademik IAIN Imam Bonjol Padang, Zulfendri di Padang, Rabu, mengatakan setelah itu disusul oleh Jurusan Ekonomi Islam (S1) dan Pendidikan Agama Islam (S1).

"Ketiga jurusan itu peminatnya yang paling banyak," katanya.

Ia mengatakan, jurusan tersebut pada 2014 masih favorit bagi calon mahasiswa yang akan kuliah di IAIN IB Padang.

Manajemen Perbankan Syariah dan Ekonomi Islam merupakan dua jurusan yang terletakan di Fakultas Syariah, sementara Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Sedangkan jurusan yang paling sedikit diminati calon mahasiswa adalah Perbandingan Hukum dan Mazhab (S1) kemudian Pengembangan Masyarakat Islam (S1).

Zulfendri menyatakan, peminat calon mahasiswa masuk IAIN Imam Bonjol Padang tahun 2015 melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 5.600 orang.

Jumlah tersebut akan terus bertambah karena jadwal pendaftaran di SPAN-PTKIN akan berakhir 25 April 2015.

Pihaknya menargetkan calon mahasiswa yang mendaftar melalui SPAN-PTKIN sebanyak 6.000 orang

"Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pendaftar tahun 2014 hanya 5.400 orang," kata dia.

Ia menambahkan, tahun ajaran 2015/2016 pihaknya akan menerima mahasiswa baru 3.000 orang dengan tiga tahapan, yaitu SPAN-PTKIN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Online dan SPMB Mandiri.

"Kuotanya, SPAN-PTKIN 50 persen, SPMB Online 30 persen dan SPMB Mandiri 20 persen," kata dia. (*)