Bukittinggi Ajak Padang Sinergi Kembangkan Pariwisata

id Bukittingi, Padang, Pariwisata

Bukittinggi Ajak Padang Sinergi Kembangkan Pariwisata

Ilustrasi Pantai Purus, Kota Padang. (Antara)

Padang, (Antara) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Ismet Amzis menyatakan daerahnya dengan Kota Padang harus bersinergi dalam mengembangkan kepariwisataan di kedua daerah tersebut.

"Ketika wisatawan berkunjung ke Bukittinggi dengan sendirinya mereka akan singgah di Padang sebab kota itu pusat ibukota Sumbar, sehingga perlu ada sinergitas antar kedua daerah," katanya di sela-sela pelaksanaan Musyawarah Komisariat Wilayah I (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan, Padang dengan Bukittinggi tidak jauh beda dalam bidang pariwisata.

Padang, katanya, memiliki banyak sejarah dan objek wisata menarik seperti Batu Malin Kundang, Siti Nurbaya dan lainnya. Begitu juga Bukittinggi yang dikenal dengan Jam Gadang dan Ngarai Sianok.

"Kedua kota ini punya banyak sejarah dan punya daya tarik tersendiri," kata dia.

Karena itu, sebutnya, apabila Padang dan Bukittinggi bersinergi sudah dipastikan perekonomian kedua daerah dan Sumbar meningkat.

"Jika kita sinergikan kedua kota ini dalam pembangunan, tentunya akan menjadi potensi wisata yang cukup besar," kata dia.

Kemudian, dia mengapresisasi Pemkot Padang dalam menata Pantai Padang yang telah bebas dari tempat berjualan.

Sebelumnya Wali Kota Sibolga Sumatera Barat Syarfi Hutahuruk menyatakan hal yang sama terhadap langkah Pemkot Padang mengelola pantai.

Sehingga hal itu menginspirasinya untuk melakukan hal serupa di Sibolga karena daerah tersebut juga banyak kawasan pantai. (*)