Pemkab Solok: Perawatan Taman Arosuka Rp200 Juta

id Solok, Taman Terpadu Arosuka

Arosusuka, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), menganggarkan dana sebanyak Rp200 juta per tahun untuk pemeliharaan dan perawatan 12 taman terpadu di kawasan Arosuka.

"Ke 12 taman tersebut terdiri dari taman bunga dan taman hutan kota di objek wisata Taman Bunga Arosuka, patung tugu ayam kukuak balenggek di depan Kanto Bupati Solok," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, M Alfajri di Arosuka, Sabtu.

Ia menyebutkan, taman terpadu didominasi taman bunga berwarna warni menghampar di sisi kiri dan kanan jalan yang mengarah ke RSUD Arosuka.

Selain itu taman terpadu Arosuka juga ada yang berupa tugu buah markisa di batas Kota Padang, sebagai simbol atau maskot buah asli dari Kabupaten Solok, selain ayam kukuak balenggek.

Untuk perawatan taman ini, Dinas Pariwisata mengerahkan 12 petugas melalui sistem swakelola, secara rutin melakukan pemeliharaan dan perawatan.

Karena taman terpadu itu bagian dari objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata, maka dana pemeliharaannya berada di Bagian Pertamanan Dinas Pariwisata Solok.

Dinas Pariwisata akan menjaga agar 12 taman wisata ini terlihat bersih, rapi dan asri. Karena pengunjung taman semakin ramai, bukan hanya warga lokal Sumbar, tapi juga dari provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi.

"Biasanya pengunjung akan ramai pada sore hari, karena udaranya sangat sejuk dan aneka warna bunga kembali merekah," katanya .

Para pengunjung biasanya datang bersama keluarga untuk bersantai menikmati keindahan taman bunga, dengan pemandangan Gunung Talang yang menjulang tinggi di belakangnya.

Taman Bunga Arosuka kata dia, juga telah dilengkapi tempat duduk dan ayunan untuk permainan anak anak. (*)