Pemkot Pariaman Perlebar Lahan Parkir Pantai Gandoriah

id Pariaman

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan memperlebar area parkir di kawasan Pantai Gandoriah untuk menambah daya tampung kendaraan pengunjung objek wisata setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pariaman, Asrizal di Pariaman, Sabtu, menyebutkan kondisi lahan parkir yang ada saat ini sudah tidak mampu lagi menampung jumlah kendaraan pengunjung objek wisata itu yang semakin banyak setiap harinya.

"Luas lahan parkir yang akan ditambah sepanjang 60 meter dan lebar 30 meter, ini akan mampu menampung 90 unit kendaraan," jelasnya.

Saat ini DPU masih melakukan proses tender, diperkirakan pengerjaanya baru akan dimulai pada akhir Juni atau awal Juli 2015.

Ia menyebutkan, dana untuk pelebaran lahan parkir tersebut diambil dari APBD Kota Pariaman, diperkirakan memakan biaya mencapai Rp900 juta.

Selain pelebaran lahan parkir, DPU juga berencana membangun area "Jogging Trek" untuk para wisatawan yang ingin berolahraga di kawasan wisata itu.

Pemkot Pariaman tahun ini fokus mengembangkan sektor pariwisata, maka sarana dan prasarana penunjang seperti lahan parkir yang sangat dibutuhkan disegerakan.

Ia menyebutkan, rencana pembangunan ini telah disosialisasikan kepada masyarakat sekitar, agar nantinya tidak ada permasalahan yang muncul.

"Para pedagang di sekitar lokasi pembangunan akan dipindahkan ke lokasi yang juga strategis," tuturnya.

Namun jika pedagang tidak mau dipindahkan, DPU akan meminta bantuan kepada instansi terkait untuk menyelesaikannya.

"Pada dasarnya setiap pembangunan akan selalu membawa dampak bagi masyarakat, namun kita tetap akan mengikuti peraturan yang ada, sesuai Peraturan Daerah No.1/2012 tentang rencana tata ruang wilayah Kota Pariaman," tambahnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat sekitar, terutama para pedagang agar memahami tujuan pelebaran lahan parkir tersebut, agar tata ruang kota semakin baik. (*)