Pemprov Sumbar Bantu Gapoktan Rp150 Juta

id Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara) - Gabungan Kelompok Tani Tigo Sapilin Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat dari Pemprov Sumbar senilai Rp150 juta.

"Dana bantuan itu sudah masuk langsung ke rekening gapoktan," kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Antoni Jaya di Payakumbuh, Sabtu.

Menurutnya, bantuan itu Gapoktan Tigo Sapilin Kelurahan Padang Alai dan Kelurahan Bodi, Kecamatan Payakumbuh Timur itu, Rp50 juta di antaranya dimanfaatkankan untuk pembangunan gudang beras, kemudian Rp15 juta untuk dana cadangan dan Rp85 juta untuk unit distribusi, membeli gabah dari petani yang merupakan anggota kelompok tani di bawah binaan Gapoktan.

Terpisah, Kabid Distribusi dan Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan Sumbar Buskar mengatakan, program P-LDPM yang dipercayakan pada Gapoktan Tigo Sapilin tersebut bertujuan sebagai stabilisator harga pangan.

"Jika harga gabah kering turun dipasaran, Gapoktan wajib membeli gabah petani sesuai harga patokan nasional. Jika harga naik, Gapoktan membeli dengan harga pasar," katanya.

Intinya menurut dia, tidak ada petani yang akan dirugikan dengan program tersebut.

Dia mengingatkan, bantuan yang diberikan jangan sampai hilang tetapi dijaga dan dipelihara agar mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Untuk itu perlu kerjasama antara pengurus Gapoktan dengan anggota kelompok tani di kedua kelurahan Padang Alai dan Bodi dalam mengelola LPDM," katanya.

Selain itu, menurut dia, pengawasan dan pembinaan dari pemkot melalui Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh juga tetap diperlukan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Benni Warlis menyampaikan apresiasinya kepada Badan Ketahanan Pangan Sumatera Barat yang punya perhatian khusus kepada petani di Payakumbuh.

Program yang diluncurkan Gubernur Irwan Prayitno itu, dikatakan, akan memacu percepatan swasembada pangan di Indonesia.

"Petani tak perlu risau lagi dengan gonjang ganjing harga gabah di pasaran, karena pemeritah secara bertahap akan memperkuat Gapoktan dengan dana LPDM,"katanya.

Kepercayaan pemerintah buat Gapoktan Tigo Sapilin, katanya, perlu dijaga dan dipelihara. Kebersamaan dan komitmen pengurus dan petani dalam memajukan usaha pertanian sangat diharapkan, untuk menjamin ketahanan pangan nasional serta mewujudkan swasembada beras di Tanah Air. (*)