Finalis Talenta Sumbar akan Promosikan Pariwisata Tanah Datar di Aljazair

id Tanah Datar, Finalis, Talenta, Sumbar

Batusangkar, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), mengharapkan dua finalis Talenta Sumbar asal daerah itu, Yogi Damai Saputra dan David Putra Yudha, dapat mempromosikan pariwisata dan budaya daerahnya.

"Keduanya akan melakukan lawatan ke Negara Aljazair, kami berharap mereka dapat mempromosikan pariwisata dan budaya daerah di negara tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Datar, Marwan di Batusangkar, Senin.

Ia menyebut, Tanah Datar merupakan salah satu destinasi wisata di Sumbar yang mempunyai banyak objek wisata baik wisata budaya, alam, maupun sejarah.

"Semua objek wisata itu menjadi daya tarik para wisatawan berkunjung ke Tanah Datar," katanya.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata, pihaknya setiap tahun melakukan pengembangan sarana dan prasarana serta promosi wisata secara bertahap.

Ia menuturkan objek wisata yang cukup diminati wisatawan mancanegara adalah Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, Tanjung Mutiara, Batu Angkek-Angkek, Batu Batikam, Batu Basurek, Rumah Tuo Balimbiang, Nagari Tuo Pariangan, Bukik Shaduali, dan Aie Angek Padang Ganting.

"Untuk mendukung sektor pariwisata, kami telah mengupayakan fasilitasi usaha perhotelan, rumah makan, kuliner, industri kerajinan dan cinderamata," katanya.

Sementara itu, salah seorang Talenta Tanah Datar, Yogi Damai Syaputra mengatakan keberangkatannya ke Negara Aljazair merupakan penghargaan dari hasil Lomba Sumbar Talenta ke-10 yang dilaksanakan di Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang beberapa waktu lalu.

"Kami berangkat pada 29 April 2015 dan direncanakan kembali pada 12 Mei 2015," kata Yogi.

Ia akan berupaya bersama teman-temannya mempromosikan pariwisata dan budaya Tanah Datar khususnya dan Sumbar umumnya di tempat-tempat yang akan dikunjungi, khususnya di negara tujuan, Aljazair. (*)