ACT Kirim Tim Kemanusiaan ke Nepal

id Gempa, Nepal, ACT, Kirim Tim Kemanusiaan

Jakarta, (Antara) - Lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan mengirim tim kemanusiaan "Global Humanity Response" pada Senin malam guna membantu korban bencana alam di Nepal.

"Tim akan melakukan penugasan awal dan melakukan aksi pemulihan sesuai dengan kebutuhan prioritas warga Nepal pascagempa," kata Direktur Global Humanity Response (GHR) Imam Akbari di Jakarta, Senin.

Imam yang juga senior vice president ACT mengatakan timnya yang terdiri dari para relawan dan tim medis akan menuju Kathmandu, Nepal via jalan darat. Selanjutnya, aksi kemanusiaan akan menuju ke beberapa tempat lainnya lewat bandara terdekat di India atau Pakistan.

"Jalan darat terpaksa ditempuh mengingat Bandara Kathmandu masih ditutup sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Yang jelas, Tim Kemanusiaan ACT untuk korban gempa Nepal akan diberangkatkan hari ini," kata Imam.

Otoritas Nepal sendiri pada Sabtu (25/4) telah resmi menyatakan negaranya dalam keadaan darurat bencana dan mengundang organisasi kemanusiaan dunia turun memberikan bantuan kemanusiannya.

Kementerian Dalam Negeri Nepal sampai Minggu (26/4) telah mengonfirmasi jumlah korban tewas akibat gempa itu merupakan terburuk kedua di Nepal setelah 81 tahun yang lalu dengan korban 2.263 jiwa dan 5.900 orang luka-luka.

Puluhan ribu warga Katmandu dilaporkan memenuhi jalan-jalan kota, taman, halaman gedung pemerintah dan halaman sekolah untuk mengamankan diri.

Mereka merupakan warga yang kehilangan rumah dan enggan kembali ke dalam rumah karena khawatir dengan gempa susulan.

"Warga membuat tempat bernaung sendiri dengan tenda seadanya atau tanpa tenda sekalipun. Rumah sakit kelebihan pasien dan memilih melakukan perawatan di luar bangunan rumah sakit," kata Imam.

Menurut Imam, kebutuhan mendesak saat ini untuk membantu para korban adalah tenaga SAR, tenaga medis, tenda rumah sakit, kantong jenazah, selimut, alas kaki dan distribusi kebutuhan makan. (*)