Wabup: Pemerintah Sediakan Beasiswa Pelajar Berprestasi Keluarga Miskin

id Kabupaten Solok, Beasiswa

Arosuka, (Antara) - Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan Anantanur, menegaskan, bahwa sebuah prestasi mustahil bisa tercapai tanpa belajar, berusaha dan bekerja keras.

"Dan yang lebih pasti lagi, prestasi tak bisa diraih dengan bersantai atau berleha-leha, apalagi cuma dengan berpangku tangan dan bermimpi prestasi itu datang dengan sendirinya," katanya diacara perpisahan siswa kelas XII SMA 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok.

Prestasi itu, imbuhnya, juga tidak mungkin berhasil dicapai kalau tidak ada usaha dan kerja keras yang dilakukan baik oleh para siswa, para guru, komite sekolah serta orang tua murid.

Ia mengatakan, khusus bagi siswa kelas XII yang lulus ujian akhir, dan melanjutkan ke perkuliahan, ini adalah awal untuk menentukan masa depan yang lebih gemilang.

Saat ini, katanya, seluruh siswa di Kabupaten Solok semuanya dapat berkuliah, karena pemerintah daerah telah menganggarkan beasiswa terutama bagi anak-anak kurang mampu yang berprestasi.

"Jadi, sudah tidak ada lagi halangan bagi seorang siswa untuk tidak bisa berkuliah," katanya.

Kusus bagi anak-anak yang kurang mampu namun berprestasi, kata dia, hendaknya memiliki tekad untuk mau mengubah diri, seperti mau kuliah agar kelak bisa jadi sarjana dan bisa bekerja dengan keterampilan yang dimiliki.

"Karena yang bisa mengubah diri kita dan kehidupan kita kedepanya adalah diri pribadi kita sendiri bukan orang lain," katanya.

Desra juga memuji prestasi SMA 1 Bukit Sundi, yang sudah tidak diragukan lagi eksistensinya.

Karena, katanya, SMA 1 Bukit Sundi pada tahun 2013 mampu berprestasi meraih peringkat 1 se-Kabupaten Solok, serta peringkat ke 24 besar se- Sumbar.

Acara perpisahan siswa kelas XII SMA 1 Bukit Sundi yang terletak di Nagari Muara Panas itu, juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Solok, Yuswardi, Kepala BKD, Emrizal, Camat Bukit Sundi, Jasmann Kepala Sekolah SMA 1 Bukit Sundi, Erpenis, Ketua Komite sekolah, Ferry Effendi, Ketua panitia acara Zaidin Sudin dan tamu undangan lainya. (cpw1)