Demokrat: Sosok Sekjen Mampu Terjemahkan Kebijakan Partai

id Demokrat

Jakarta, (Antara) - Politisi Partai Demokrat Didik Mukrianto menilai sosok sekretaris jenderal partainya ke depan harus mampu menerjemahkan kebijakan partai dengan baik sehingga roda organisasi berjalan sesuai mekanisme.

"Sosok sekjen harus mampu menopang dan melaksanakan kebijakan partai dan ketua umum dengan baik," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR RI itu di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan kemampuan manajerial dan administrasi partai harus dimiliki oleh sosok Sekjen Partai Demokrat sehingga mampu menerjemahkan kebijakan partai.

Selain itu, menurut dia, kemampuan tersebut juga dibutuhkan untuk membangun komunikasi sehingga agenda politik terselesaikan dengan baik.

"Kami memiliki banyak kader yang cocok menduduki posisi tersebut (Sekjen Partai Demokrat)," ujarnya.

Didik mengatakan Demokrat memiliki banyak kader, baik muda maupun senior berkualitas yang cocok menduduki posisi sekjen partai. Karena itu dia menilai saat ini tidak bisa dikerucutkan sosok yang pas menduduki posisi tersebut.

"Kader kami banyak sekali yang berkualitas menduduki posisi sekjen, ada kader muda, senior, dan pimpinan daerah juga berkualitas. Saat ini masih sangat terbuka sehingga kalau mau dikerucutkan saat ini susah," katanya.

Dia menjelaskan mekanisme dipilihnya sekjen adalah melalui formatur yang dipilih dalam kongres Demokrat.

Selain itu Didik mengatakan partainya ingin proses regenerasi partai berjalan dengan terukur dan terkawal dengan baik karena kalau tidak maka Demokrat tidak solid.

Dia mencontohkan Demokrat memiliki banyak kader muda yang solid namun perlu dibimbing senior partai yang telah menghadapi asam garam perpolitikan nasional.

"Karena itu kader muda perlu didampingi senior yang sarat pengalaman dan strategi (politik)," ujarnya.

Hal itu, menurut dia, diharapkan kecintaan terhadap partai bukan hanya sekedar kepentingan sesaat, namun untuk membesarkan partai. (*)