427 Pelajar SMP Bersaing di O2SN Padang 2015

id Padang, O2SN, SMP

Padang, (Antara) - Sebanyak 427 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang akan berlangsung selama tiga hari, 28--30 April 2015.

"Dari jumlah itu, terbagi menjadi peserta putra sebanyak 258 siswa dan peserta putri sebanyak 169 siswa," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Padang, Fauzil Mahfuz di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam olimpiade siswa nasional ini, ada delapan cabang yang akan diikutkan, yaitu bulutangkis, atletik, pencak silat, tenis meja, catur, renang, voli dan karate.

"Setiap cabang akan dinilai oleh beberapa orang tergantung cabangnya, tetapi rata-rata akan dinilai oleh empat orang, satu koordinator dan tiga orang juri," katanya.

O2SN Kota Padang ini akan dilakukan selama tiga hari yang dimulai hari ini, bertempat di aula Dinas Pendidikan dan GOR H. Agus Salim.

Selain itu, katanya, dalam O2SN ini, Dinas pendidikan Padang juga bekerja sama dengan pengurus cabang (Pencab) daerah itu.

Olimpiade olahraga siswa nasional ini adalah program kementerian pendidikan dan kebudayaan yang diadakan setiap tahun, untuk menjaring bibit baru atlet.

Fauzil menjelaskan, setelah atlet setiap cabang olahraga tingkat kota didapat, nantinya siswa tersebut akan dikirim untuk mengikuti O2SN tingkat provinsi pada 7 sampai 10 Juni 2015.

"Olimpiade olahraga siswa nasional ini dilakukan dari tingkat kota, setelah itu tingkat provinsi, baru tingkat nasional pada 1 sampai 8 Agustus 2015," jelasnya.

Ia mengatakan, cabang yang paling banyak diikuti dalam O2SN Kota Padang adalah cabang atletik yaitu sebanyak 82 peserta. (cpw9)