Bupati: Peran Aktif Orang Tua Tentukan Masa Depan Anak

id Pesisir Selatan, Bupati, Nasrul Abit, Peran, Orang Tua

Painan, (Antara) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, mengajak masyarakat di kabupaten itu untuk selalu melakukan kegiatan positif dan meminta para orang tua berperan aktif menentukan masa depan anak.

"Ini merupakan salah satu acara yang positif dan acara ini harus tetap digelar," katanya dalam pada pembukaan acara lari 10 KM yang dilaksanakan di Kecamatan Lengayang, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu.

Ia mengatakan, anak-anak harus dipersiapkan sedini mungkin untuk mencapai masa depannya. "Karena siapa nanti yang akan membangun negeri ini kalau bukan mereka (anak-anak)," katanya.

Camat Lengayang Alfis Basyir mengatakan pihaknya berencana menggelar kegiatan yang sama pada tahun depan.

"Acara ini akan digelar lagi, kami akan rapat dulu dengan Pasi (Persatuan Atlet Seluruh Indonesia) Lengayang sebagai pelaksana, untuk menentukan hari pelaksanaan," ujarnya.

Ia mengatakan hari pelaksanaan akan bertepatan pada hari-hari nasional.

"Nanti bisa dilaksanakan untuk memperingati hari nasional seperti Hardiknas, Sumpah Pemuda, Kemerdekaan dan lain-lain," ucapnya.

Ia juga berharap semoga dengan adanya ajang ini mampu menjaring atlet baru dan menjadikan generasi bebas Narkoba.

Lari 10 KM dimulai di Depan Kantor Camat Lengayang, dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit dan Camat Lengayang, Alfis Basyir, Pasi Lengayang, dan seluruh pihak terkait dalam kegiatan serta masyarakat sekitar.

Juara pertama dalam acara lari 10 KM ini mendapatkan hadiah Rp1 juta dan jumlah peserta 315 orang.

Juara Pertama diraih oleh peserta asal Painan, Musliyadi, dengan nomor dada 0674 catatan waktu 40,14 menit.

Zugeng (19) salah satu peserta mengatakan agar kegiatan ini dilaksanakan lagi.

"Menjadi atlet terkenal itu tidak harus orang kota, kami dari daerahpun siap. Maka dari itu saya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi," ujarnya. (cpw10)