Pemkab Libatkan Delapan SKPD Analisis Kegiatan Gender

id Agam

Lubukbasung, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), melibatkan delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai pelaksana Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk menganalisis kegiatan perspektif gender pada 2015.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Agam, Retmiwati di Lubukbasung, Rabu, mengatakan ke delapan SKPD tersebut adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA).

Lalu, BPPKB, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Ke delapan SKPD ini akan menganalisis kegiatan perspektif gender," kata Retmiwati pada sosialisasi PPRG di aula Disdikpora Kabupaten Agam.

Ia menambahkan, seluruh SKPD di Kabupaten Agam harus menyediakan data gender terpilah sebagai alat analisis gender. Indiator sebagai penyusun, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kebijakan program daerah.

"Ini bertujuan agar hasil pembangunan bisa dinikmati oleh semua penduduk tanpa ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penguatan Lembaga Perempuan DPPKB Kabupaten Agam, Yulhendri menambahkan sosialisasi PPRG ini diikuti 90 peserta dari seluruh SKPD di Kabupaten Agam.

Hadir sebagai nara sumber Herita Dewi dari Badan Diklat Provinsi Sumbar dan Henaldi dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Provinsi Sumbar," katanya. (*)