Enam Program Unggulan Baznas Pariaman

id Baznas, Pariaman, Program, Unggulan

Pariaman, (Antara) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki enam program unggulan yang diantaranya telah direalisasikan pada 2015.

Wakil Ketua III Baznas Pariaman, Jamohor di Pariman, Rabu, menyebutkan keenam program tersebut, yakni Pariaman Cerdas, Makmur, Sejahtera, Sehat, Peduli, dan Pariaman Taqwa tengah menjadi program unggulanya.

"Beberapa program tersebut merupakan lanjutan dari agenda kami terdahulu seperti Pariaman Cerdas, namun kami terus mengadakan upaya mensejahterakan masyarakat khususnya kelas menengah ke bawah," kata dia.

Ia menambahkan, program Pariaman Cerdas diperuntukan untuk bantuan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa kota itu, namun saat ini pihaknya tengah fokus pada bantuan kepada mahasiswa karena pemerintah setempat juga menjalankan program wajib belajar 12 tahun.

Seterusnya, program Pariaman Makmur diperuntukan bagi masyarakat yang ekonomi lemah yang ingin membuka usaha tapi terkendala biaya. Bantuan tersebut merata diberikan bagi setiap mustahiq sebesar Rp1 juta, dalam waktu dekat ini tidak akan memberikan bantuan berupa uang melainkan sarana yang akan digunakan dalam berusaha.

Bidang usaha yang akan dibantu oleh Baznas sendiri usaha produktif seperti bertani, beternak, berdagang, dan usaha lainnya.

Untuk Pariaman Sehat, sebutnya, diberikan bantuan berupa biaya berobat ringan, sedang, berat, dan pengobatan sakit jiwa.

Pariaman Peduli merupakan program yang memberian bantuan kepada masyarakat secara mendadak. Seperti korban musibah kebakaran, banjir, gempa bumi, dan musibah lainnya, katanya.

Ia menambahkan, bantuan tersebut tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja dengan catatan masyarakat kota itu sendiri.

Ia melanjutkan, bantuan Pariaman Sejahtera diserahkan secara langsung bagi masyarakat fakir miskin yang tidak memungkinkan lagi untuk berusaha dan hanya bersifat konsumtif saja.

"Bantuan konsumtif itu terbagi dua, satu bersifat permanen artinya akan secara rutin diberikan dan bantuan konsumtif lebaran yang diserahkan setiap menjelang hari lebaran untuk pemenuhan kebutuhanya," jelasnya.

Ia melanjutkan, program Pariaman Taqwa adalah bantuan yang diberikan kepada penggiat keagaaman agar terus termotivasi dalam melaksanakan tugasnya. Dalam hal ini bantuan yang dapat diserahkan kepada imam masjid, hafiz/hafizah, fisbilillah, mu'allaf, dan musafir.

Jamohor menambahkan, dari keenam program tersebut semuanya bekerja sama dengan pemerintah setempat dan didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan sebagai penerima bantuan dari semua program Baznas Pariaman itu, sebutnya, harus mengikuti dan melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditentukan selanjutnya akan dilakukan peninjauan kelapangan oleh pihak baznas guna memastikan layak atau tidaknya menerima bantuan tersebut.

"Kami untuk untuk tahun ini mengalokasikan 35 persen untuk Pariaman Cerdas, 25 persen untuk Pariaman Makmur, 10 persen Pariaman Sehat, delapan persen untuk Pariaman Peduli, 9,5 persen untuk Pariaman Taqwa, dan 12,5 persen untuk dana operasional," jelasnya.

Total seluruh bantuan yang akan diserhakan kepada 6.638 calon mustahiq hingga periode Mei sebesar Rp3,5 miliar. (*)