DPRD Sumbar Apresiasi UN CBT Padang Panjang

id DPRD, Sumbar, UN, CBT, SLTP

Padang, (Antara) - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hendra Irwan Rahim, mengapresiasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) melalui Computer Based Test (CBT) di SMPN 2 Padang Panjang.

"Dalam pelaksanaannya, kami tidak melihat ada hambatan atau kendala. Keadaan komputer dan jaringannya yang dipakai bisa dikatakan cukup bagus dari apa yang dianjurkan. Jadi sejauh ini harus dipertahakan untuk waktu mendatang," katanya saat meninjau pelaksanaan UN SLTP di Padang Panjang, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya akan terus mendorong pada setiap sekolah di kabupaten/kota sehingga dapat melaksanakan UN CBT seperti yang telah dilakukan SMPN 2 Padang Panjang.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Mohklasin, juga mengapresiasi pelaksanaan UN CBT di SMPN 2 Padang Panjang, yang merupakan menjadi satu-satunya sekolah di Sumbar yang berhasil lolos verifikasi dalam ujian "online".

"Kami cukup apresiasi terhadap SMPN 2 Padang Panjang yang mewakili Sumbar dalam menggelar UN CBT. Dari 1500 SMP di Sumbar hanya satu yang lolos dalam verifikasi," ujarnya.

Ia mengharapkan agar panitia pelaksana ujian juga menjaga kualitas sehingga dapat meminimalisasi kesalahan yang terjadi pada ujian-ujian sebelumnya dan UN CBT tersebut dapat dipertahankan karena bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Sumbar Syamsulrizal mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk mengadakan UN CBT di tahun yang akan datang.

"Kami sudah memberi anjuran kepada kabupaten/kota agar menyediakan tiap SMP, SMA, dan SMK menggunakan sistem 'online' tersebut. Minimal dari setiap tingkat sekolahnya dapat melaksanakan itu," ujarnya.

Ia mengatakan, UN CBT tersebut yang memiliki kewenangan penuh adalah kabupaten/kota, sedangkan dari pihak provinsi hanya bisa membantu dalam segi infrastruktur.

"Namun kami pastikan dalam UN CBT tersebut akan ada pengembangan ke arah yang lebih bagus kedepannya," katanya. (cpw2)