Pesisir Selatan Siapkan Rp1,2 Miliar untuk TdS

id Pesisir Selatan

Painan, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan dana sebanyak Rp1,2 miliar sebagai penyelenggara "grand star" balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015.

"Seperti biasa "TdS" diselenggarakan bulan Juni pada setiap tahunnya. Namun pada 2015 kemungkinan besar akan ditunda karena bulan Juni bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadhan, tapi belum tahu pastinya bulan apa akan diselenggarakan, " kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Kamis.

Dana tersebut dialokasikan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten dan sumber dana resmi lainnya. Sedangkan penggunaan dana akan disesuaikan dengan kebutuhan "TdS" 2015 sebagai penyelenggara grand star.

Sesuai rencana grand start atau pembukaan dan star Tour de Singkarak (TdS) 2015 akan dipusatkan di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Sebagai persiapan, pemkab setempat menyediakan areal untuk star dan calon pengunjung, baik lokal maupun mancanegara di pelataran parkir kawasan Pantai Carocok Painan seluas empat hektare.

Selain areal yang telah tersedia dari reklamasi pantai di kawasan Pantai Carocok Painan saat ini, pemkab juga akan menambah luas areal sebagai pusat pembukaan "TdS" 2015 di sepanjang pantai dari areal parkir Pantai Carocok Painan hingga Muara Painan.

Pengerjaan reklamasi pantai untuk penambahan areal dari pemusatan pembukaan penyelenggaraan balap sepeda internasional 2015 di Sumbar itu saat ini terus diburu dengan target selesai sepekan sebelum hari pelaksanaan "TdS" 2015.

Ia mengatakan, kabupaten itu terpilih sebagai penyelenggara grand star TdS 2015 sudah ditetapkan dalam rapat panitia besar Sumbar "TdS" 2015 beberapa waktu lalu.

Terkait jalan (jalur) di Pesisir Selatan yang akan dilalui para pebalap sepeda dari berbagai negara itu, pemkab setempat telah dan mengkoordinasikan dengan pemerintah provinsi (pemprov) dalam hal ini Dinas Prasarana Jalan atau satuan kerja lainnya yang berwenang sesuai dengan status jalan itu sendiri yakni jalan negara.

Sementara Kepala Dinas PU Pesisir Selatan Era Sukma Munaf mengatakan, persiapan yang mendesak bagi kabupaten itu sebagai penyelenggara pusat pembukaan "TdS" 2015 yakni pembangunan prasarana fisik.

Prasarana tersebut seperti jalan dan lokasi pusat pembukaan di Parkiran Pantai Carocok. Khusus jalan, pihaknya terus menggkoordinasikan dengan pemprov.

Beberapa titik di sepanjan ruas jalan lintas Barat Sumatera di kabupaten itu yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan oleh pemerintah pusat melalui satuan kerja yang ada di Sumbar. Sedangkan pemkab fokus terhadap persiapan tempat pembukaan. (*)