JK Upayakan Golkar Ikut Pilkada

id Golkar

Jakarta, (Antara) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan akan berupaya agar Partai Golkar tetap ikut pemilihan kepala daerah serentak pada 2015, menyusul adanya persengketaan dualisme kepemimpinan partai itu.

"Nanti saya minta usulkan pencalonan pilkada tetap jalan, kalau perlu ditandatangani berdua, supaya sah. Tapi, ya kita usahakan," kata Kalla, saat melakukan telekonferensi video dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Menurut Kalla, penyelesaian persengketaan partai berlambang beringin itu masih diproses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kalau nanti 'kan dipastikan siapa pun yang kalah pasti diakui Mahkamah Agung, kan jadi memakan tempo," ujar Wapres.

Ketua DPRD Sulawesi Selatan Moh. Roem menyatakan keprihatinan atas kondisi Partai Golkar saat diskusi Telekonferensi Video bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Teman-teman kami sesama kader Golkar, bukan hanya di Sulawesi Selatan dan yang ikut pilkada gelisah terkait kondisi Golkar saat ini," kata Roem dalam telekonferensi yang disaksikan Wapres Kalla.

Roem telah memohon terobosan dari Wapres Kalla terkait persengketaan kepemimpinan partai berlambang beringin itu.

Ketua DPRD menyatakan kekecewaannya jika partai tersebut tidak ikut pemilihan kepala daerah berikutnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Purdijatno mengatakan Partai Golkar dan PPP bisa jadi absen dari pilkada serentak pada Desember 2015 bila masih terjadi konflik internal. (*)