Tidak Ada US Susulan di Padang Panjang

id Padang Panjang

Padang Panjang, (Antara) - Peserta Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, tidak ada yang mengikuti ujian susulan.

"Tidak ada siswa kami yang mengikuti US susulan tingkat SD, karena semua peserta yang terdata di Dinas Pendidikan mengikuti ujian sejak hari pertama penyelenggaraan sampai selesai," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, Ridwan di Padang Panjang, Kamis.

Dia mengatakan, US susulan diberlakukan bagi siswa apabila peserta tidak mengikuti pelaksanaan US pada waktu yang sudah ditetapkan dengan alasan yang masuk akal.

"Namun kondisi itu tidak ada di Padang Panjang, karena tingkat kehadiran peserta mencapai 100 persen dari awal sampai selesai pelaksanaan US," katanya.

Biasanya, kata dia, peserta US tidak hadir dan diperbolehkan mengikuti US susulan dengan alasan tertentu seperti sakit dan alasan lain yang bisa ditoleransi.

"Jika siswa sakit dan tidak bisa datang ke sekolah penyelenggara US yang dilengkapi dengan surat keterangan sah, panitia memberlakukan US susulan bagi peserta tersebut," ujarnya.

Untuk lokasi penyelenggaraan US susulan, kata dia, tergantung dari keputusan panitia US. "Biasanya lokasi ujian susulan bisa di sekolah dan Dinas Pendidikan," sebutnya.

Untuk US SD digelar pada 18-20 Mei 2015 dan US susulan dijadwalkan pada 25-27 Mei 2015," ujarnya.

Anggota DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri menyambut baik tidak adanya peserta US susulan tingkat SD di daerah itu. "Alhamdulillah murid SD di Padang Panjang bisa mengikuti US dari hari pertama hingga akhir dengan lancar," katanya.

US SD tahun ini diikuti sebanyak 1.139 orang yang diselenggarakan di tujuh sekolah inti atau gugus dengan 120 pengawas. (*)