Pasaman Barat Benahi 24 Objek Wisata

id Pasaman Barat

Simpang Ampek, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki 24 objek wisata unggulan yang terus dibenahi.

"Pembenahan sarana objek wisata terus kita lakukan secara bertahap," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Abdi Surya melalui Kepala Bidang Pariwisata, Nofius di Simpang Ampek, Sabtu

Ia mengatakan sudah membagi tiga kategori objek wisata yang ada di Pasaman Barat untuk dikembangkan yakni wisata unggulan, strategis dan pengembangan.

Ia menjelaskan objek wisata unggulan yakni Pantai Air Bangis, Pantai Sasak, Pantai Muaro Binguang, Gunung Talamau, Lubuak Landua dan Talu.

Untuk objek wisata strategis yakni diantaranya Danau Indah, Silambau, Air Mancur Siburai-Burai Kajai dan Kampung Lamo.

Sedangkan objek wisata pengembangan atau masih dalam penjajakan diantaranya Makam Rajo, Guo, Sikabau Sikilang, Tabek Gadang Kinali dan Talamau.

"Terhadap semua objek wisata itu kita terus berupaya mengembangkan dan membenahinya dengan kerja sama antara sektor yang ada,"ujarnya.

Untuk 2015, pihaknya menyediakan angagran Rp4,8 miliar untuk kembangkan objek wisata di daerah itu.

"Anggaran itu tentunya digunakan untuk pembenahan sarana objek wisata yang ada," katanya.

Terhadap sejumlah objek wisata tersebut, Dinas Kebudayaan Pariwisata juga berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan sarana prasarana yang ada di lokasi objek wisata.

"Kita akan terus membenahinya dan mempromosikan sehingga semakin dikenal. Pengembangan wisata tentunya bisa dilakukan jika semua pihak dapat mendukungnya," ujarnya. (*)