Pasaman Barat Sediakan Rp19,7 Miliar Pelihara Jalan

id Pasaman Barat

Simpang Ampek, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) sediakan Rp19,7 miliar untuk pemeliharaan jalan priodik pada 16 lokasi di daerah itu.

"Pemeliharaan jalan itu tersebar disejumlah titik yang ada di Pasaman Barat. Anggaran itu merupakan anggaran untuk pemeliharaan jalan dengan aspal hotmix," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Ahdiyarsyah di Simpang Ampek, Sabtu.

Ia mengatakan pemeliharaan jalan itu sudah dimulai disejumlah lokasi yang sudah ditetapkan. Sehingga jalan yang dipelihara itu tidak rusak lagi.

Ia menyebutkan pihaknya terus memacu pembangunan berbagai proyek infrastruktur senilai Rp110 miliar pada 2015.

Hal itu dilakukan dalam upaya percepatan pembangunan fisik di Pasaman Barat, sehingga bisa lebih cepat pula dinikmati masyarakat.

Menurutnya pada 2015 ini ada sekitar 52 paket pekerjaan fisik yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dengan anggaran sebesar Rp110 miliar.

Ia menjelaskan di antara proyek fisik itu adalah, lanjutan pengerjaan jalan protokol di Pasaman Baru sepanjang 4, 3 km, dengan pagu dana Rp20 miliar.

Pengerjaan jalan tembus Talu-Lubuk Sikaping sharing dengan APBD Pemkab Pasaman Barat dengan APBD Provinsi dengan anggaran Rp23 miliar dengan aspal hotmix.

Selanjutnya, di bidang cipta karya, tahun 2015 juga dilaksanakan pembangunan Pasar Kuliner Simpang Ampek dengan dana sebesar Rp500 juta.

"Pasar kuliner di gedung Tuah Basamo adalah etalase Pasaman Barat karena dekat dengan tugu bundaran Simpang Ampek sebagai ciri khas," ujarnya.

Proyek selanjutnya juga dibangun Mes Pemda Pasaman Barat di Jalan Pramuka Asratek Padang dengan pagu Rp500 juta. (*)