KNKT Selidiki Kecelakaan KA di Stasiun Waruduwur

id KNKT, Kecelakaan, Kereta, Cirebon

KNKT Selidiki Kecelakaan KA di Stasiun Waruduwur

Seorang warga melihat lokomotif dari kereta api Eksekutif Bangunkarta jurusan Jakarta Surabaya yang terguling di Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/5) malam. Kereta Api Bangunkarta dari arah Jakarta menabrak kereta barang di jalur yang sama hingga lokomotif dan dua gerbong terguling di dekat Stasiun Waruduwur - Cirebon. ANTARA FOTO/Solihin/ DA/15.

Bandung, (Antara) - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Tim Internal PTKA diturunkan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan KA di Stasiun Waruduwur Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"KNKT sudah turun ke lokasi kejadian dan Tim Internal PTKA juga sudah melakukan penyelidikan di lokasi untuk memastikan penyebab kejadian itu," kata Kepala Humas PTKA Agus Komarudin ketika dihubungi dari Bandung, Minggu.

Menurut dia, kedua tim itu sudah berada di lokasi kejadian di Stasiun Waruduwur Cirebon sejak Sabtu malam dan Minggu ini melanjutkan penelitiannya.

"Tim itu langsung bergerak sesuai dengan prosedur tetap setiap insiden transportasi harus diselidiki KNKT," katanya.

Sedangkan Tim Internal PTKA merupakan tim dari sejumlah direktorat terkait dengan operasional, administrasi serta lainnya.

"Hasil penyelidikan tim itu akan diketahui dalam beberapa hari ke depan, untuk memastikan penyebab kecelakaan itu," katanya.

Menurut Agus, insiden di Stasiun Waruduwur bukan tabrakan KA, namun KA Bangunkarta yang tengah melaju ke Semarang menyenggol KA barang yang sedang berhenti di stasiun itu.

Akibatnya, jalur utara mengalami hambatan perjalanan KA dan baru Minggu pagi kembali dilintasi satu jalur yakni jalur 1 sehingga KA harus bergantian masuk.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu, satu korban luka yakni petugas KA barang saat ini dirawat di RS Cirebon. Satgat perbaikan jalur rel saat ini tengah melakukan evakuasi lokomotif dan sejumlah gerbong di stasiun itu. (*)