Pemilihan Rektor IAIN Imam Bonjol Senin

id IAIN IMAM BONJOL

Padang, (Antara) - Pelaksanaan pemilihan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang direncanakan pada Senin (25/5), kata Ketua Senat IAIN IB Padang Prof Saifullah Minggu (24/5).

Dikatakannya, hal itu sesuai dengan hasil rapat senat pada Selasa (12/5) membahas fatwa Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia tentang aturan Pemilihan Rektor IAIN IB Padang.

"Rapat tersebut memutuskan Pilrek dilaksanakan besok (25/5, red)," kata Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora tersebut.

Dia mengtakan, sebelumnya senat bersama Rektor IAIN IB Padang menjemput fatwa untuk Pilrek itu ke Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Berdasarkan fatwa tersebut Kemenag menetapkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 17 Tahun 2015 tentang Statuta IAIN IB Padang yang mulai berlaku tanggal 9 Maret 2015.

"Dengan demikian maka statuta IAIN IB dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 39 Tahun 2008 dicabut," kata dia.

Dia menjelaskan dalam statuta 2015, Kepala Biro tidak masuk dalam keanggotaan senat, untuk itu pihaknya akan mengganti satu orang untuk mengisi kekosongan yang ditinggal Kepala Biro.

Dalam Statuta 2015 anggota senat terdiri dari guru besar dari tiap fakultas, wakil dosen dari tiap fakultas yang bukan guru besar, rektor, wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana dan ketua lembaga sebagai anggota ex-officio.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyeleksian (Pansel) Rektor IAIN IB Padang Welhendri Azwar menyatakan pihaknya telah menetaptakan empat orang calon rektor, yaitu Armay Arief, Yasrul Huda, Duski Samad, dan Eka Putra Wirman.

"keempat calon tersebut tiga orang dari internal dan satu dari luar kampus," kata dia.

Dia merincikan, Armay Arif merupakan mantan wakil Rektor III UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu adalah putra Pariaman yang juga alumni IAIN Imam Bonjol Padang. Kemudian, Yasrul Huda, putra asal Pasaman yang juga alumni Leiden University itu merupakan mantan Wakil Dekan Syariah IAIN IB Padang yang juga alumni.

Selanjutnya Duksi Samad yang Saat ini menjabat Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang. Putra Pariaman yang juga menjabat Ketua MUI Padang itu merupakan Alumni IAIN Padang dan UIN Syarif Hidayatullah jakarta. Sementara Eka Putra Wirman yang saat ini selaku Ketua Lembaga Jaminan Mutu IAIN IB Padang. Putra asal Padang tersebut juga pernah menjabat Wakil Dekan di Fakultas Ushuluddin IAIN Ib Padang.

Selain itu pansel juga telah melakukan diskusi publik untuk membedah visi dan misi yang betujuan untuk mengetahui sosok calon rektor dengan visi dan misinya untuk pembangunan kampus ke depan.

Diskusi itu disebabkan semua elemen kampus memiliki cita-cita atau keingingan demi kemajuan perguruan tinggi itu. (*)