Bulog: Stok Beras Jelang Ramadhan Aman

id Bulog

Bulog: Stok Beras Jelang Ramadhan Aman

Bulog (Antara)

Jakarta, (Antara) - Perum Bulog memastikan stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang puasa Ramadhan dan Lebaran 2015 cukup dan aman.

"Stok Bulog jelang puasa dan Lebaran, Alhamdulillah aman. Saat ini stok beras cukup untuk kebutuhan lima setengah bulan ke depan," kata Sekretaris Perum Bulog Djoni Nur Ashari dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, saat ini stok beras di gudang Bulog mencapai 1,3 juta ton yang mencukupi kebutuhan selama lima bulan ke depan.

Ada pun pengadaan beras dalam negeri oleh perusahaan pelat merah itu mencapai rata-rata 25.000 ton per hari atau total sebanyak 1,1 juta ton dari target 2,75 juta ton tahun ini.

"Diharapkan stok terus bertambah karena panen juga masih akan terus berlangsung," katanya.

Terkait pengamanan harga beras menjelang puasa Ramadhan dan Lebaran 2015, Djoni mengatakan pihaknya siap melakukan operasi pasar (OP) bila diperlukan.

"Nanti lihat tren harga seperti apa, kami siap lakukan OP kalau diperlukan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan persediaan beras untuk kebutuhan masyarakat menjelang puasa Ramadhan dan Lebaran 2015 aman dan cukup.

"Aman, kami pastikan sampai Lebaran ini cukup," katanya di Komplek Istana Kepresidenan di Jakarta.

Ia berharap persediaan itu bisa dipenuhi dari stok lokal sehingga pemerintah tidak harus membuka keran impor.

Soal harga, ia memperkirakan masalah distribusi masih menjadi penyebab utama mahalnya harga beras di pasaran.

"Distribusi harus baik, kami sudah sarankan ke Bulog, solusinya adalah Bulog harus langsung ke petani, kalau Bulog langsung ke petani, petani menikmati harga dan konsumen juga menikmati harga yang stabil," katanya. (*)