Sumbar Gelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

id sumbar, gerakan, makan, ikan

Padang, (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan 2015 sebagai langkah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu lomba masak serba ikan, lomba cipta lagu tingkat SMA tentang ikan, lomba forum organisasi makan ikan dan bazar produk olahan ikan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan untuk lomba masak serba ikan diikuti utusan kabupaten dan kota di Sumbar yang membuat berbagai menu yang selama ini belum pernah dikenal.

" Ada bakso ikan, sup ikan, kebab ikan, bahkan makanan dari Italia pizza juga dibuat dengan mengunakan bahan ikan, hingga jus dari ikan," kata dia.

Kemudian untuk lomba cipta lagu tentang ikan diikuti oleh SMA yang ada di Sumbar dengan berbagai kreatifitas dalam menciptakan karya bertema ikan.

Lalu untuk lomba forum organisasi makan ikan dinilai sejauh mana keaktifan dan partisipasi dalam mengkampanyekan makan ikan, lanjut dia.

Tidak hanya itu, juga dilakukan lomba Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengajarkan tentang pentingnya konsumsi ikan kepada muridnya.

Yosmeri mengatakan saat tingkat kesadaran masyarakat mengkonsumsi ikan cukup tinggi terbukti dengan banyaknya rumah makan di Pantai Padang yang menyajikan hidangan serba ikan.

"Bahkan saat ini penjual pecel lele di Padang saja sudah mencapai 300 titik," kata dia.

Sementara, Yeni salah seorang peserta lomba memasak ikan merasa senang dapat mengikuti lomba karena dapat berkreasi mengolah masakan dari ikan.

"Selain menciptakan menu yang baru, mengkonsumsi ikan juga lebih sehat, jika menang juga dapat hadiah," ujar dia. (*)