1.523 Calon Mahasiswa Unand Mulai Mendaftar Ulang

id Unand, Calon, Mahasiswa, daftar, ulang

Padang, (Antara) - Sebanyak 1.523 orang calon mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, hasil dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 mulai melakukan pendaftaran ulang sejak Senin (25/5) hingga Minggu (31/5).

"Mahasiswa tersebut bukan peserta bidik misi melakukan pendaftaran secara online untuk menentukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masingnya," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand Eriyanty di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan selain untuk menentukan besaran UKT, proses pendaftaran ini juga untuk melengkapi dokumen dari calon mahasiswa tersebut.

Semua dokumen tersebut wajib diunggah ke situs yang telah ditetapkan panitia pusat sebelumnya yakni pmb.unand.ac.id.

Beberapa dokumen kelengkapan tersebut antara lain fotokopi Kartu Keluarga, Rincian gaji kedua orang tua khusus bagi pegawai sesuai format kantor yang diketahui bendahara.

Sedangkan untuk orang tua yang bekerja sebagai wirausaha, rincian gajinya harus diketahui lurah dan camat setempat.

Dokumen penting lainnya yakni pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan beberapa bulan terakhir, Surat Perjanjian Mahasiswa (format serta Surat Pernyataan Orang Tua tentang kondisi ekonomi.

Dimana kesemua dokumen tersebut memiliki format yang telah ditentukan oleh panitia.

"Setelah melakukan pra pendaftaran calon mahasiswa tersebut akan berkumpul di kampus pada Juni mendatang untuk memverifikasi data," ujarnya.

Sementara itu salah satu orang tua calon mahasiswa Lis (48) mengharapkan agar proses pengawasan data yang masuk saat pendaftaran online lebih teliti.

"Terutama terkait penentuan tingkatan UKT bagi masing-masing calon mahasiswa," katanya.

Sebab, menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak mahasiswa dan orang tua yang protes atas kekeliruan tingkatan UKT tersebut.

"Dengan ketelitian dari panitia tentunya masalah seperti itu tidak berulang kembali," imbuhnya. (*)