Sumbar dan Padang Raih Penghargaan TPID

id sumbar, padang, penghargaan tpid

Jakarta, (Antara) - Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada tim pengendalian inflasi daerah (TPID) terbaik di tiga kawasan Tanah Air. Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Kota Padang salah satu daerah yang memperoleh penghargaan itu.

Gubernur BI Agus Martowardojo, saat Rakornas TPID Ke-VI di Jakarta, Rabu, mengatakan, kriteria penilaian penghargaan kepada TPID terbaik diukur dari dua aspek yakni aspek proses dan tingkat inflasinya.

"Aspek proses untuk mengukur kegiatan (pengendaliannya) dan aspek keluaran untuk mengukur tingkat angka inflasi," katanya.

TPID terbaik sendiri dikelompokkan berdasarkan tiga wilayah yakni Sumatera, Jawa, dan Kawasan Timur Indonesia.

Di kawasan Sumatera, TPID terbaik diraih oleh Provinsi Sumatera Utara, diikuti oleh Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Sedangkan di kawasan Jawa, TPID terbaik diraih oleh Provinsi Jawa Timur diikuti Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Barat.

Sementara itu, di Kawasan Timur Indonesia diraih oleh Provisi Nusa Tenggara Timur diikuti oleh Gorontalo dan Kalimantan Tengah.

Bank Indonesia juga memberikan penghargaan kepada TPID kabupaten/kota terbaik. Untuk kawasan Sumatera diraih oleh Kota Medan, diikuti Padang dan Jambi.

Sedangkan untuk kawasan Jawa diraih oleh Kabupaten Jember, diikuti Probolinggo dan Tegal. Sementara itu, untuk Kawasan Timur Indonesia diraih oleh Pontianak, diikuti Samarinda dan Banjarmasin. (*)