Sumbar Buat Fasilitas Pengolahan Ikan Laut

id Sumbar, fasilitas, pengolahan, ikan, tawar

Padang, (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (Sumbar) telah membuat sejumlah fasilitas pengolahan ikan laut berupa sentra pengolahan, rumah kemasan serta outlet untuk meningkatkan nilai jual ikan sehingga lebih ekonomis.

"Di Padang sudah didirikan sentra pengolahan ikan hasil laut seluas dua hektare di kawasan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah sebagai tempat pengolahan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan pada sentra pengolahan tersebut dilakukan aktivitas membersihkan ikan, merebus, mengeringkan hingga mengemas untuk dipasarkan lebih lanjut.

Selain itu juga sudah dibuat rumah kemasan produk olahan ikan di Kabupaten Agam dan Kota Padang agar dapat mengemas hasil olahan ikan sesuai permintaan pasar, kata dia.

Kemudian, Dinas Perikanan juga mendorong tumbuhnya outlet khusus untuk memasarkan ikan sehingga cakupan menjadi lebih luas.

Bahkan untuk petani sendiri sudah didorong agar juga memasok ikan ke sejumlah pasar moderen seperti mal, swalayan dan lainnya.

Ia menyampaikan pemerintah akan terus mendorong pihak yang membudidayakan ikan untuk membuat produk olahan karena siapa saja dapat melakukan dan harga jual menjadi lebih tinggi.

" Semua wilayah yang memproduksi ikan di Sumbar ditargekan harus bisa mengolah ikan," kata dia.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Koto Tangah Padang Editiawarman mengatakan dengan didirikannya sentra pengolahan ikan di wilayah itu akan meningkatkan pendapatan nelayan.

"Jika selama ini menjual langsung kepada masyarakat, dengan diolah nilai jual menjadi naik dan pendapatan juga meningkat," kata dia.

Ia mengharapkan pihak berwenang memberikan pendampingan kepada nelayan dalam mengolah ikan agar kualitasnya lebih baik. (*)