KPU: Satu Calon Independen Ambil Formulir Dukungan

id KPU Solok Selatan

KPU: Satu Calon Independen Ambil Formulir Dukungan

KPU (Antara)

Padang Aro, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengungkapkan satu orang calon independen yakni Boy Iswarmen sudah melakukan pengambilan formulir dukungan calon.

Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Rabu, mengatakan pengambilan formulir daftar dukungan itu dilakukan Boy Iswarmen pada Selasa (26/5).

Untuk penyerahan daftar dukungan bagi calon independen sendiri akan dilakukan pada 11-15 Juni 2015 di kantor KPU setempat.

Sedangkan pemberitahuan penyerahan dukungan calon perseorangan ini melalui media massa dilakukan selama dua minggu oleh KPU, yakni dari 24 Mei -7 Juni 2015, sehingga semua calon yang ingin maju tanpa partai politik bisa mengetahuinya dan menyerahkan daftar dukungan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Sedangkan KPU, katanya, akan melakukan penelitian jumlah dukungan yang diberikan oleh calon perseorangan ini pada 11 - 18 Juni 2015.

Penelitian ini, akan melihat keaslian dukungan serta meneliti kemungkinan dukungan ganda yang diserahkan calon ke KPU.

Sedangkan untuk hasil faktualnya pada Panitia Pemungutan Suara (PPS) tentang dukungan perseorangan ini dilakukan pada 23 Juni - 6 Juli 2015.

Untuk Calon Independen di Solok Selatan membutuhkan dukungan sebanyak 17.460 orang dan dukungan tersebut minimal berada di empat kecamatan.

Sementara calon independen yang sudah mengambil formulir daftar dukungan ke KPU, Boy Iswarmen mengatakan, pihaknya saat ini sudah mengumpulkan dukungan sebanyak 24 ribu.

"Kita akan menyerahkannya pada KPU pada Kamis 11 Juni 2015 atau hari pertama penyerahan yang ditetapkan KPU," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menentukan wakilnya untuk maju saat pilkada Desember 2015 nanti yaitu Fachril Murad yang merupakan mantan Sekretaris Kabupaten setempat.

Fachril Murad saat dihubungi membenarkan ia akan mendampingi Boy Iswarmen saat maju pada pilkada 2015 melalui jalur independen.

"Ya saya akan maju bersama pak Boy saat pilkada nanti melalui jalur independen," imbuhnya. (*)