Bupati Solok Apresiasi Masyarakat Dukung Pembangunan PLTA

id Pembangunan PLTA

Arosuka, (Antara) - Bupati Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Syamsu Rahim mengapresiasi dukungan masyarakat Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar terkait rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) kapasitas 88 Megawatt di daerah itu.

"Pembangunan PLTA tersebut oleh investor nasional akan berdampak positif kepada perkembangan masyarakat, terutama ekonomi di 10 kejorongan Nagari Kampung Batu Dalam," katanya dalam acara sosialisasi rencana pembangunan PLTA itu di Masjid Nurul Iman, Nagari Kampung Batu Dalam, Selasa (26/5).

Syamsu Rahim menerangkan, pembangunan PLTA ini direncanakan akan menggunakan sumber air dari Danau Talang yang memiliki kedalaman 80 meter.

Selanjutnya sumber air itu akan diturunkan ke Danau Dibawah yang letaknya berdekatan dengan Danau Talang, guna memutar turbin pembangkit listrik tenaga air tersebut. Untuk Danau Dibawah sendiri memiliki kedalaman air sekitar 320 meter.

Ia menyebutkan, rencana pembangunan PLTA di Nagari Kampung Batu Dalam itu akan ikut menjadi solusi atas krisis energi saat ini. Dimana Pemerintah mendorong untuk menggunakan air, panas bumi dan tenaga surya, yang banyak tersedia sebagai pembangkit listrik, bukan lagi bersumber dari energi batu bara atau minyak bumi.

Hal ini karena batubara saat ini persediaannya sudah semakin menipis, karena dilakukan aktivitas penambangan sejak dahulu.

Dampak positif dengan dibangunnya PLTA Kampung Batu Dalam ini jelas akan berimbas kepada meningkatnya perekonomian masyarakat di kawasan sekitar Danau Kembar yang juga didorong oleh keinginan masyarakat setempat, untuk memanfaatkan potensi besar yang ada di daerah itu dengan keberadaan Danau Dibawah dan Danau Talang.

Terpisah Wali Nagari Kampung Batu Dalam Karmi Malin Palentah mengatakan, rencananya lokasi pembangunan proyek PLTA tersebut berada di dua dusun dalam wilayah nagari setempat yakni Dusun Aia Tawa Utara dan Kampung Batu Selatan.

Di Nagari Kampung Batu Dalam sendiri kata dia, saat ini masih terdapat 769 kepala keluarga (KK) miskin.

Diharapkan dengan dibangunnya PLTA di Nagari Kampung Batu Dalam itu, ke depan akan membawa dampak positif meningkatnya perekonomian masyarakat.

"Bila perekonomian warga meningkat dengan sendirinya juga akan mengurangi KK miskin di Nagari Kampung Batu Dalam," katanya. (*)