Kodim Pasaman Panen Raya Padi Organik

id Kodim Pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0305 Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, bersama Pemerintah Kabupaten Pasaman, melaksanakan panen raya perdana padi organik, yang berhasil dikembangkan oleh aparat TNI di wilayah itu.

Kepala Staf Kodim 0305/Pasaman, Mayor Inf Dwi Syahputra, di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan, ke depan pola tanam padi organik ini akan tetap dilanjutkan olah jajaran Kodim setelah berhasil panen pertama melalui berbagai pengembangan.

Padi organik percontohan tersebut, berada di Kampung Maninjau, Jorong Murni, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.

Ia menambahkan, selain menanam padi organik, jajaran Kodim juga nanti akan menanam jagung organik dan cabai organik.

Metodenya, kata Dwi, diterapkan pola tanam jajar legowo (Jarwo), dimana pola ini dinilai lebih efektif dan efisien, dan kelebihan padi organik, adalah lebih sehat untuk dikonsumsi.

"Targetnya, pola tanam padi organik ini diharapkan dapat mencapai hasil empat sampai lima ton gabah per hektarnya. Untuk menunjangnya, Kodim sudah memilki laboratorium bagi tanaman organik tersebut," jelasnya.

Ia berharap panen raya padi organik ini dapat dijadikan sebagai langkah awal mengembangkan sektor pertanian untuk ketahanan pangan masyarakat di Pasaman.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, A Syafei, mengatakan, banyak manfaat dari pola tanam padi organik tersebut, selain hemat dari sisi biaya, juga baik untuk kesehatan.

Syafei menambahkan, petani perlu didorong untuk memanfaatkan penggunaan pupuk organik karena pupuk organik tersebut terbukti baik bagi proses penyuburan tanah dan tentu meningkatkan produktifitas pertanian. (*)