Aji Berharap Pahabol Tidak Tinggalkan Timnas U-23

id Aji Santoso

Jakarta, (Antara) - Pelatih timnas U-23 Aji Santoso berharap Ferinando Pahabol tidak meninggalkan Timnas U-23 karena kecewa tim yang dibelanya Persipura Jayapura gagal bertanding melawan Pahang FA di babak 16 besar Piala AFC.

"Pahabol belum bisa mengikuti latihan. Saya bisa memahami kondisi Pahabol tetapi mudah-mudahan masalahn ini cepat selesai," kata Aji seperti dilansir tim media PSSI di Jakarta, Kamis.

Saat latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Rabu sore (27/5), Timnas U-23 hanya menjalani latihan dengan 19 pemain. Salah satu pemain yakni Ferinando Pahabol absen latihan.

Aji berharap Pahabol tetap bersama tim sampai berangkat nanti sehinga dalam waktu satu sampai dua hari ke depan harus sudah ada keputusan.

"Keputusannya apakah Pahabol ikut berangkat atau tidak. Kalau tidak, kami sendiri cukup berat karena pemain yang sudah kami kirim ke Singapura, tidak bisa diganti lagi," kata mantan pemain nasional tersebut.

Aji juga berharap permasalahan ini cepat selesai agar kami bisa latihan dengan tim yang utuh.

"Seharusnya ada pengurus yang memediasi masalah ini karena ini sangat penting," tuturnya.

Ia mengakui bila kemungkinan terburuk Pahabol tidak berangkat, maka kekuatan timnas U-23 agak pincang.

"Saya sudah dua kali berbicara sama Pahabol, ia tidak merasa nyaman dengan situasi seperti ini. Saya tidak ingin Pahabaol meninggalkan timnas U-23, kalau tidak berangkat kami akan kerepotan," kata pelatih asal Malang tersebut.

Timnas Indonesia U-23 terus melakukan latihan secara serius jelang berlaga di SEA Games 2015, Singapura. Di ajang tersebut, Garuda Muda akan melakoni laga perdana melawan Myanmar pada Selasa (2/6) mendatang di Stadion Jalan Besar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI Erwin Dwi Budiawan mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terkait gagal bertandingnya Pahang FA melawan Persipura di Stadion Mandala Jayapura pada Selasa (26/5).

"Ketua Umum Pak La Nyalla dan Presiden FAM sudah berkomunikasi. Setelah kejadian tersebut, kami juga langsung kirim surat ke AFC menjelaskan kronologis kejadiannya dan meminta penjadwalan ulang," kata Erwin setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komite III DPD RI di Gedung MPR/DPR Jakarta, Rabu (27/5).

Ia juga menyatakan bahwa Wakil Ketua Umum PSSI lainnya, Hinca Panjaitan juga sudah menelepon Komite Kompetisi AFC agar bisa menjadwalkan kembali laga Persipura melawan Pahang FA. (*)