Presiden akan Buka Simposium Keamanan Dunia Maya

id Simposium, keamanan, dunia, maya

Presiden akan Buka Simposium Keamanan Dunia Maya

Presiden Joko Widodo. (Antara)

Jakarta, (Antara) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Simposium Nasional Cyber Security (Simposium Nasional Keamanan Dunia Maya) pada 3-4 Juni 2015 mendatang.

"Kami telah sampaikan kepada Presiden, dan beliau berkenan untuk membuka," kata Menko dalam konferensi pers terkait pelaksanaan simposium tersebut di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Kamis.

Menkopolhukam dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Ketua Panitia Simposium Yono Reksodiprodjo.

Menko mengatakan, simposium tersebut nantinya akan menghadirkan para ahli di bidang IT dari berbagai sektor mulai dari ekonomi, perbankan, penerbangan dan keamanan.

Selain itu, simposium tersebut juga akan dihadiri para pemangku kepentingan, baik dari sektor masyarakat, industri maupun pemerintah.

Ia berharap, dengan simposium tersebut maka akan diperoleh berbagai masukan yang penting bagi pembentukan Badan Cyber Nasional nantinya.

Ketua Panitia Simposium Yono Reksodiprodjo mengatakan, keamanan di dunia maya merupakan keniscayaan bagi kepentingan nasional suatu negara.

Hal ini karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui daring telah merambah berbagai sektor.

Di bidang ekonomi, penggunaan yang masif terhadap teknologi telah menjadikannya rentan terhadap serangan yang dapat merugikan perekonomian nasional.

Ia mencontohkan di sektor perbankan yang kini serba elektronik. Serangan di dunia maya yang mematikan ATM di perbankan Indonesia akan membuat kerugian besar tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga bagi kepentingan nasional. (*)