Tiga Pebalap Pegasus Perkuat Timnas Sea Games

id Tiga Pebalap Pegasus

Jakarta, (Antara) - Tiga pebalap Pegasus Continental Cycling Team (PCT) perkuat timnas Indonesia yang akan turun pada SEA Games 2015 di Singapura, 5-16 Juni setelah prestasi mereka mencuat dalam beberapa kejuaraan internasional.

"Memang benar, tiga pebalap kita akan turun di SEA Games. Semoga mereka mampu memberikan yang terbaik," kata perwakilan manajemen PCT Fila Faliona saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat.

Berdasarkan Surat Keputusan Komite Olahraga Indonesia nomor 015/KE-KOI/2015 tentang perubahan nama atlet untuk SEA Games 2015 per 21 Mei, tiga pebalap PCT yang masuk timnas adalah Aiman Cahyadi, Robin Manullang dan Jamalidin Novardianto.

Ketiga pebalap ini akan bersama dengan tiga pebalap lainnya yaitu Tonton Susanto, Elan Riyadi dan Muhammad Nur Fathoni untuk meraih medali emas dari nomor mens criterium dan mens mass start road race.

Pada kejuaraan dua tahunan ini, Indonesia juga menurunkan dua pebalap putri yaitu Dahlina Rosyita dan Riska Agustin. Mereka juga akan turun dalam dua nomor sekaligus yaitu women criterium dan women mass start road race.

Demi meraih target yang ditetapkan oleh PB ISSI yaitu dua emas, semua pebalap sebelumnya digembleng di Yogjakarta di bawah kendali pelatih Nurhayati dan Wawan Setyobudi. Hanya saja, khusus untuk pebalap Pegasus mendapatkan tambahan dengan mengikuti Tour de Kumano 2015 di Jepang, 28-31 Mei.

Hanya saja, target PB ISSI berbeda dengan target dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Pada cabang olahraga balap sepeda ternyata tidak diproyeksi mendapatkan medali emas.

Pada etape pendahuluan Tour de Kumano, Kamis (28/5), pebalap timnas Jamailidin Novardianto bahkan mampu bersinar setelah merebut "white jersey" atau pebalap terbaik untuk usia di bawah 23 tahun.

Hasil gemilang yang diraih oleh pebalap muda ini merupakan kerja kerasnya dalam menjalani Indivial Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh 0,7 km. Jamalidin mampu membukukan catatan waktu 50,2 detik dan berada di posisi delapan. Sedangkan pemenang dari kejuaraan ini Neil van der Poeg dengan waktu 50 detik.

"Kami cukup puas dengan perkembangan pebalap. Apalagi salah satu pebalap kita mampu masuk 10 besar dan merebut 'white jersey' (Jamalidin) di sini," kata Fila Faliona menambahkan.

Tour de Kumano 2015 terbagi atas tiga etape. Namun, sebelum etape pertama digelar dilakukan etape pedahuluan dengan mempertandingkan Indivial Time Trial. Ada 115 pebalap dari 20 tim yang turun pada kejuaraan yang cukup dikenal di Jepang itu. (*)