Kementerian Agraria Gandeng UGM Terkait Aset

id Kementerian Agraria

Yogyakarta, (Antara) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggandeng Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta guna mengurus dan mengembangkan aset.

"Pada dasarnya kita tak mau perguruan tinggi itu kehilangan asetnya," kata Menteri ATR/Kepala BPN RI Ferry Mursyidan Baldan di Yogyakarta, Jumat.

Melalui nota kesepahaman itu, Ferry berharap UGM sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia mampu mengembangkan penelitian dengan aset yang dimilikinya termasuk meningkatkan peranan sumber daya manusia.

Ferry menambahkan pola kerja sama antara Kementerian ATR/BPN RI dengan UGM berdasarkan dasar pengetahuan dan keilmuan sebagai petunjuk (navigasi).

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu menegaskan pihaknya akan mengembangkan dan memperhatikan pusat studi di Indonesia.

Seperti halnya di Aceh saat bencana Tsunami sejumlah bangunan sekolah rusak sehingga pemerintah mengatasi hal itu.

Rektor UGM Dwikorita Karnawati menambahkan pihak rektorat harus mengadakan kerja sama dengan sebuah lembaga guna mengatasi masalah aset lahan.

"Kita juga ingin berkontribusi dan bersinergi dalam berbagai hal seperti Tata Ruang ini dan banyak hal lainnya guna membangun. Untuk memetigasi bencana pun bisa," tutur Dwikorita. (*)