Wako: Membumikan Olah Raga Tidak Sekadar Wacana

id Olahraga

Sawahlunto, (Antara) - Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Ali Yusuf, mengatakan upaya pihaknya untuk "membumikan" olahraga bagi masyarakat kota itu tidak hanya sekadar wacana.

"Salah satunya dapat dilihat dari sudah dibangunnya enam lapangan olah raga yang tersebar di enam desa dan kelurahan di kota ini, dengan menggunakan dana APBD Kota Sawahlunto, dengan pagu dana mencapai Rp200 juta untuk satu lapangan," kata dia, di Sawahlunto, Jumat (29/5).

Dia mengatakan, enam lokasi tersebut berada di Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Salak, Kelurahan Lubang Panjang, Desa Bukit Gadang, Desa Tumpuk Tangah, dan Desa Kolok Mudik yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Lapangan tersebut, lanjutnya, dirancang agar bisa digunakan untuk beberapa cabang olah raga dengan tampilan yang lebih representatif agar lebih meningkatkan minat masyarakat untuk berolah raga.

"Sepanjang lahan tersedia minimal dengan ukuran 2000 meter persegi, pemerintah akan memfasilitasi pelaksanaan pembangunannya, ujar dia.

Menurut dia, dalam mengembangkan visi kota itu sebagai kota wisata tambang yang berbudaya, pihaknya berupaya mengembangkan daya kreasi dan inovasi dalam berpromosi, salah satunya adalah dengan mengembangkan "Sport Tourism" sebagai salah satu strategi yang diharapkan bisa membedakan kota itu, dari kota wisata lainnya di Sumatera Barat.

Terobosan itu bisa berbentuk pelaksanaan kejuaraan-kejuaraan tingkat provinsi dan nasional di Kota Sawahlunto, serta mengundang tokoh-tokoh olah raga nasional untuk datang berkunjung.

"Langkah itu tentu membutuhkan fasilitas pendukung dan dorongan dari masyarakat secara luas, salah satunya dengan menggiatkan kegiatan olah raga di limgkungan masing-masing," kata dia.

Di samping itu, lanjutnya, dengan berolah raga secara rutin tidak hanya akan menyehatkan fisik seseorang, melainkan juga mampu membina mental generasi muda agar tumbuh menjadi generasi yang memiliki semangat juang yang tinggi dan sportif dalam menjalani hidupnya.

"Bakat-bakat tersebut juga akan menjadi aset daerah di bidang olah raga, sehingga anak-anak Sawahlunto mampu menjadi pejuang-pejuang yang dapat memberikan nama harum bagi kota yang kita cintai ini," kata dia. (cpw7)