Ketua PCI Berharap Cricket Berkembang di Daerah

id Cricket

Jakarta, (Antara) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Azis Syamsudin berharap cricket bisa dikembangkan di daerah dan mampu menggaet peminat terhadap olahraga asal Inggris tersebut.

"Kalau saja dari seluruh populasi penduduk Indonesia yang ada, sekitar lima hingga 10 persennya tertarik kepada olahraga cricket itu sudah bagus," kata Azis Syamsudin saat pembukaan penataran pelatih cabang olahraga cricket di Bekasi, Jabar, Sabtu.

Menurutnya, pengenalan dan pembinaan olahraga cricket di daerah-daerah cukup penting sebagai bagian dari mempersiapkan atlet yang handal yang nantinya mampu berkiprah di cricket level internasional.

"Melalui penataran pelatih ini akan meningkatkan kualitas para pelatih yang nantinya akan menangani para atlet," katanya.

"Saya juga berharap cricket Indonesia mampu menembus internasional," tambahnya.

Dalam penataran pelatih cricket yang diikuti 17 pengprov itu, turut hadir Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, Kabid pendidikan dan penataran KONI Pusat Subroto yang mewakili Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Sementara itu Dubes Inggris Moazzam Malik ketika ditanya apakah negara asal Cricket itu akan membantu pengembangan cricket di Indonesia, dia mengatakan sedang membicarakannya.

"Kami sedang membicarakan untuk bisa membantu cricket Indonesia, karena Indonesia potensial untuk dikembangkan di olahraga cricket," katanya.

Beberapa hari lalu, Ketua Umum PP PCI Aziz Syamsuddin mendapat kunjungan Duta Besar Ingris yang juga merupakan mantan atlet cricket nasional. Melalui pembicaraan yang menarik dan bersahabat, akhirnya Duta Besar Inggris yang ada di Indonesia besedia datang dalam coaching clinic pelatih cricket nantinya.

Cabang cricket akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 ketika Indonesia menjadi tuan rumah pesta olah raga tingkat Asia tersebut. (*)