Tabek Patah Wakili Tanahdatar Lomba Sekretaris Nagari

id Tanahdatar

Batusangkar, (Antara) - Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, mewakili Kabupaten Tanahdatar mengikuti Lomba Kompetensi Sekretaris Nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Setelah kita melakukan serangkaian penilaian kompetensi sekretaris nagari tingkat kabupaten, maka diputuskan Sekretaris Nagari Tabek Patah Desi Indrayana berhak mewakili Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumbar, kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdakab Tanahdatar, Altri Suwandi di Batusangkar, Sabtu.

Ia menyebut kompetensi sekretaris nagari ini bertujuan untuk menilai tingkat keberhasilan sekretaris nagari dalam beberapa aspek di antaranya penyelengaraan pelayanan administrasi pemerintahan dan umum, pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil serta pengarsipan.

Kompetensi sekretaris nagari ini dilaksanakan berdasarkan amanah Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 24 tahun 2012 tentang pedoman penyelengaraan penilaian kompetensi sekretaris nagari di Sumbar,

katanya.

Altri menjelaskan penilaian kompetensi sekretaris nagari mengacu kepada beberapa indikator seperti inovasi,

kreativitas, koordinasi, trasparansi dan pertanggungjawaban serta dukungan dan keterlibatan perangkat nagari dalam mewujudkan visi dan misi nagari.

Selanjutnya untuk mempercepat pembangunan, sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh wali nagari.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Tabek Patah Desi Indrayana mengatakan daerahnya memiliki luas 920 kilometer bujursangkar yang terdiri dari empat jorong yaitu Koto Alam, Koto, Data, dan Tabek Patah.

Nagari Tabek Patah memiliki 850 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sekitar 3.500 jiwa, dimana 91 persen penduduk bekerja sebagai petani, katanya.

Ia menjelaskan selama ia menjabat sekretaris nagari Tabek Patah selalu berupaya disiplin menyampaian dokumen pertanggungjawaban pemerintahan nagari setiap tahun.

Kita telah melaksanakan sistem pengelolaan arsip dengan metode arsip nasional sehingga memudahkan dalam pengadministrasian, katanya.

Ia berharap Nagari Tabek Patah bisa meraih prestasi di tingkat provinsi dan menjadi nagari percontohan, terutama dalam bidang pengelolaan pengadmistrasian pemerintahan umum, kependudukan dan catatan sipil

serta pengarsipan. (*)