Disperindag Sumbar Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga

id Pasar Murah

Padang, (Antara) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat (Sumbar), akan mengadakan pasar murah pada empat titik di Kota Padang sebagai upaya untuk menstabilkan harga pasar di kota setempat.

"Pasar murah ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun pada bulan Ramadhan agar kebutuhan masyarakat tetap bisa terpenuhi dengan biaya murah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sumbar, Zaimar di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, ke empat titik pasar murah ini dipusatkan di kecamatan yang dinilai paling memerlukan yakni Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, Padang Utara, dan Padang Selatan.

Peserta pasar murah berasal dari distributor kebutuhan pokok, para petani, dan pengusaha lokal yang selama ini menjadi pemasok bahan kebutuhan pokok.

Ia menyebutkan, di Kecamatan Pauh pasar murah digelar pada 29 Juni 2015, Kecamatan Lubuk Kilangan 30 Juni 2015, Kecamatan Padang Utara 1 Juli 2015, dan Padang Selatan 2 Juli 2015.

"Di empat lokasi pasar murah itu, bahan pokok yang dijual adalah minyak goreng, telur ayam, tepung terigu, gula pasir, cabai merah, mentega, susu, mie instan, sirup, dan lainnya," katanya.

Selain menggelar pasar murah, pihaknya juga memantau langsung kepada distributor bahan kebutuhan pokok. Distributor diminta untuk melebihkan pasokan sebesar 10 persen dari biasanya, agar kebutuhan masyarakat terkucupi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius mengatakan, ketersediaan kebutuhan pokok pada Ramadhan akan mempengaruhi kestabilan harga di pasaran.

"Ketersediaan bahan pokok pada Ramadhan dan lebaran harus diperhatikan, pasalnya kestabilan harga akan mengikuti setelahnya," ujarnya.

Ia mengimbau agar pemerintah daerah bisa mengambil langkah strategis dalam memantau ketersediaan kebutuhan pokok tersebut.

"Jika ketersediaan bahan pokok aman, tindakan selanjutnya adalah mengadakan normalisasi harga dengan melakukan penetrasi pasar," ujarnya. (*)